1.500 Masker Berstandar WHO Akan Dibagikan Gratis Oleh Pramuka Solo

1.500 masker kain yang bisa dicuci ulang dan memenuhi standar WHO telah diproduksi oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solo.

Masker yang bahannya dari bantuan Gubernur Ganjar Pranowo itu akan dibagikan serentak bersama pramuka se-Jawa Tengah, [ada tanggal 1 Oktober mendatang.

“Dua pekan lalu, kami mendapat tugas dari Gubernur untuk membuat masker kain yang sehat, aman agar bisa digunakan masyarakat melewati masa pandemi Covid-19. Semua Kwarcab mendapat tugas yang sama, jadi nantinya kurang lebih akan ada 40 ribu masker untuk warga Jawa Tengah,” ujar Wakil Ketua Kwarcab Solo Bidang Humas, Sri Wardhani kepada Timlo.net, Sabtu (26/9).

Wardhani memaparkan, masker standar WHO yang dimaksud adalah masker dari bahan kain katun berkualitas tinggi. Masker tersebut terdiri dari tiga lapisan yakni lapisan non-anyaman tahan air (depan), microfibre melt-blown kain non-anyaman (tengah), dan kain biasa non-tenunan (belakang).

Baca Juga:  Pembangunan Pasar Legi Solo Rampung Setahun Lagi

Selama dua pekan, anggota Pramuka di Solo menjahit masker-masker yang bahannya diberikan oleh Gubernur dan polanya sudah ditentukan. Sehingga, seluruh masker yang dibuat oleh Pramuka se-Jawa Tengah akan seragam sepenuhnya.

“Nantinya tanggal 1 Oktober masker tersebut akan dibagikan ke masyarakat secara serentak,” kata Wardhani.

Ditambahkan, sejak awal pandemi Covid-19, Pramuka Solo sudah aktif melakukan tindakan. Mulai dari pembagian sembako, penyemprotan disinfektan, membantu Posyandu keliling, kampanye hidup bersih sehat dan pembagian masker.

Tags: , ,