1 Oktober Liga 1 Resmi Akan Dimulai

1 Oktober Liga 1 Resmi Akan Dimulai

Setelah ditunda dalam waktu yang lama, kompetisi paling elite sepakbola Indonesia Liga 1 akan dimulai pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2020. Hal ini sudah dipastikan oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator.

LIB telah mengirimkan surat kepada 18 tim Liga 1 2020 terkait kelanjutan kompetisi. Surat tertanggal 10 Juli 2020 itu menindaklanjuti SK PSSI nomor SKEP/053/VI/2020.

“Bahwa lanjutan Liga 1 2020 dimulai tanggal 1 Oktober 2020 – 28 Februari 2021 dengan title ‘Extraodinary Competition’. Dengan catatan jadwal tersebut mengikuti situasi perkembangan pandemi COVID-19,” bunyi surat tersebut.

Pada hari Jumat (10/7/2020) kemarin, Sudjarno -Direktur Operasional LIB- mengatakan, “Ya, itu jadwal dari kami”.

Menurutnya, “Bahwa sistem kompetisi sifatnya melanjutkan mulai dari match week 4 dengan format kompetisi double round robin”.

Baca Juga:  KPK Lelang 11 Telepon Selular Rampasan Kasus Korupsi

Lanjutan Liga 1 2020 dimulai dari minggu keempat karena pekan pertama sampai ketiga sudah dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19 merajalela di Indonesia.

Sudjarno menuturkan, “Jadi ini memang kelanjutan dari pekan ketiga yang sebelumnya sudah berjalan”.

Selain itu, disebutkan juga seluruh pertandingan Liga 1 nantinya tidak akan ada penonton. Lalu, untuk sistem kompetisi tidak ada perubahan, sama seperti sebelum dihentikan karena pandemi COVID-19.

LIB juga meminta konfirmasi dari klub terkait markas yang akan mereka gunakan selama lanjutan Liga 1 2020.

Respons tersebut diperlukan karena 18 klub Liga 1 2020 akan bermarkas di Pulau Jawa sampai kompetisi usai pada 28 Februari 2021.

Sudjarno menjelaskan, “Klub dari luar Jawa akan ber-‘home base’ di Pulau Jawa khususnya di DI Yogyakarta dan sekitarnya karena kami menyiapkan akomodasi di sana. Di Yogyakarta dan sekitarnya kan banyak lapangan seperti Stadion Maguwoharjo, atau bisa juga di Solo, Bantul, Sleman. Jadi bisa saja satu stadion akan digunakan sebagai kandang oleh dua tim”.

Baca Juga:  KPK Periksa Saksi Staf PT Bajra Bumi Nusantara Untuk Tersangka Desi Arryani

“Insya Allah setelah ada tanggapan dari klub-klub soal home base, kami akan mengadakan rapat virtual salah satunya untuk membahas biaya akomodasi dan subsidi,” imbuh Sudjarno.

Tags: , ,