10 Ibu Hamil Sukoharjo Terpapar Covid-19, Tertular Dari Mana?

10 Ibu Hamil Sukoharjo Terpapar Covid-19, Tertular Dari Mana?

Sejak awal pandemi Covid-19 hingga Oktober ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo mencatat bahwa ada 10 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Diduga mereka tertular saat melakukan kontak erat dengan anggota keluarga yang diketahui terkonfirmasi positif tanpa gejala.

Yunia Wahdiyati -Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo- menyampaikan bahwa ke-10 ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 itu sebarannya dari 12 kecamatan.

Mengenai usia kandungan tercatat bervariasi mulai dari satu bulan hingga delapan bulan. Namun ada juga yang sudah melahirkan.

Terakhir, ada empat ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dari klaster keluarga Kelurahan Ngadirejo dan Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

Pada hari Senin (5/10/2020) kemarin, Yunia menuturkan, “Jumlah total ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 10 orang. Mereka mendapatkan perawatan khusus secara medis karena berbadan dua,”

Baca Juga:  Dinkes Solo Sebut Ada Klaster Menonjol Penyumbang Kasus Covid-19

Pihaknya menjelaskan bahwa biasanya para ibu hamil jarang keluar rumah kecuali saat memeriksakan kandungan ke dokter. Para ibu hamil yang terinfeksi virus Covid-19 tertular dari anggota keluarganya yang beraktivitas dan tertular saat keluar rumah.

Hal ini dapat diartikan, ada anggota keluarga yang terinfeksi virus corona yang tak sengaja menularkan virus ke anggota keluarga lain atau kerabat keluarga dalam satu rumah.

Seperti yang diketahui, ibu hamil merupakan salah satu kelompok masyarakat berisiko tinggi terpapar Covid-19 dan kelompok masyarakat berisiko tinggi lainnya yakni lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang memiliki penyakit kronis.

Yunia menegaskan masyarakat wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat meski berada dalam rumah terutama physical distancing.

Baca Juga:  28 Bayi Dan Anak Balita di Sukoharjo Terpapar Covid-19 Selama Pandemi

Anggota keluarga yang beraktivitas luar rumah harus terlebih dahulu mandi sebelum berinteraksi dengan istri atau suami dan anak.

Tags: , ,