115 Orang di Lingkungan KPK Positif Covid, KPK Pastikan Lakukan Mitigasi

115 Orang di Lingkungan KPK Positif Covid, KPK Pastikan Lakukan Mitigasi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan atau mitigasi untuk memutus rantai penyebaran wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19), khususnya di lingkungan wilayah kerja KPK.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, sebanyak 115 orang di lingkungan KPK dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah itu berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tes usap (Swab Test) yang sebelumnya dilakukan di Gedung KPK Jakarta.

“Sebanyak 115 orang di lingkungan KPK terindikasi Postif Covid-19,” kata Ali Fikri kepada wartawan di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/9/2020).

Ali menjelaskan, pihaknya juga melakukan berbagai upaya lain terkait mitigasi Covid-19, di antaranya melakukan penyesuaian sistem dan jam kerja pegawai KPK.

Selain itu, KPK juga melakukan upaya penyemprotan cairan disinfektan secara berkala di seluruh area, baik di dalam maupun di luar gedung KPK dan termasuk di antaranya seluruh Rumah Tahanan (Rutan) Cabang KPK.

Menurut Ali, sebanyak 1.931 orang terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait yang berada di lingkungan KPK, yakni pegawai outsourcing, BKO Polri, TNI Pomdam Jaya dan tahanan telah mengikuti tes usap sejak 7 September hingga 14 September 2020.

Ali menjelaskan, telah diperoleh hasil tes sebanyak 1.898 orang, maka dengan demikian berdasarkan rekap hasil tes usap sementara di lingkungan KPK (pegawai KPK dan pihak-pihak terkait) sejak Maret sampai 18 September 2020.

Dirinya menambahkan, dari 115 orang yang dinyatakan positif Covid-19, 33 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan yang masih positif dan dalam perawatan atau isolasi secara mandiri 81 orang, masing-masing terdiri dari 54 pegawai KPK dan 27 orang dari pihak-pihak terkait.

Sedangkan 1 orang lainnya, yaitu penyidik KPK dari kepolisian bernama Kompol Pandu Hendra Sasmita dinyatakan telah meninggal dunia karena sakit. Hendra sebenarnya telah dinyatakan sembuh atau negatif setelah sebelumnya sempat terindikasi positif Covid-19.

Ali menjelaskan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah cepat upaya penanganannya dengan dilakukan isolasi mandiri terhadap pegawai dan pihak-pihak lain yang berada di lingkungan KPK yang terpapar Covid-19.

Tags: , ,