16 Januari 2002, Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Bengawan Solo

16 Januari 2002, Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Bengawan Solo

Pada 16 Januari 2002 silam, pesawat Garuda Indonesia GA421 melakukan pendaratan darurat di Bengawan Solo, Desa Serenan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi pendaratan pesawat tersebut berada di sisi timur desa yang terkenal sebagai penghasil ukiran di Klaten. Kala itu, pesawat terbang dari Ampenan (Mataram) dengan tujuan Jogja.

Pesawat itu dipimpim oleh pilot Abdul Rozaq dan kopilot Haryadi.

GA421 dijadwalkan terbang dari Selaparang, Mataram, pada pukul 15.00 WITA. Pesawat B737-300 registrasi PK-GWA itu kemudian menuju ketinggian jelajah 31.000 kaki. Pesawat dijadwalkan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 17.30 WIB.

Dari berbagai sumber diketahui, bahwa pesawat tersebut tiba-tiba kehilangan daya dorong akibat kedua mesin jetnya mati lantaran terkena badai es saat menembus awan kumulonimbus.

Pesawat Garuda itu kemudian meluncur tanpa mesin dari ketinggian sekitar 23.000 kaki dan akhirnya mendarat darurat di Sungai Bengawan Solo.

Umar Sahid selaku Ketua RW 04 pada saat peristiwa itu terjadi, menjelaskan tak banyak warga setempat yang melihat langsung proses pendaratan darurat Garuda Indonesia sore itu, sekitar pukul 16.00 WIB.

Saksi mata kebanyakan justru para pemancing ataupun warga yang sedang beraktivitas di sekitar sungai.

Menurutnya, pesawat kebetulan mendarat di tempat yang tepat di daerah dangkal. Sehingga warga mudah dalam mengevakuasi penumpang.

“Itu kalau mendarat 100 meter ke utara atau 100 meter ke barat atau agak ke timur mungkin tenggelam. Saya pas datang, penumpang itu sudah di sayap, takut mau turun, nggak tahu kalau dangkal,” kata dia.

Situasi sore yang mendung tersebut terasa sangat panik. Banyak penumpang menangis.

Kecelakaan tersebut mendapat sorotan dunia internasional terutama Amerika Serikat selaku produsen Boeing yang juga menurunkan tim investigasi National Transportasi Sefety Board (NTSB), membantu penyelidikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Incoming search terms:

  • pesawat mendarat darurat di bengawan solo
  • Saksi garuda bengawan solo
Tags: , ,