2 Orang Jadi Tersangka Saat Demo Di Balai Kota Solo

2 Orang Jadi Tersangka Saat Demo Di Balai Kota Solo

Pada hari Senin (12/10/2020) lalu, Jajaran Polresta Solo menetapkan dua orang yang ditangkap saat ada demo mahasiswa menolak UU Cipta Kerja di Balai Kota Solo sebagai tersangka.

Total polisi menangkap 148 orang yang berada di lokasi demo tetapi bukan bagian dari peserta aksi.

Penangkapan tersebut yakni sebagai antisipasi adanya pihak-pihak yang memprovokasi hingga berpotensi terjadi kerusuhan dalam aksi demo.

Dari 148 orang, dua orang ditetapkan menjadi tersangkat karena membawa alat pemukul berupa knuckle atau keling.

Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak selaku Kapolresta Solo mengatakan bahwa dalam aksi damai itu kepolisian mengidentifikasi kelompok massa lain yang hendak menyusup.

Lantas, pihaknya memerintahkan anggota menyisir ke delapan lokasi sekitar lokasi demo mahasiswa depan Balai Kota Solo.

Baca Juga:  Operasi Zebra Candi 2020, Inilah Pelanggaran yang Akan Ditindak

Ade Safri menuturkan, “Ada 148 orang yang kami amankan, rata-rata pelajar”.

Enam orang ketahuan membawa minuman keras jenis ciu berinisial DS, E, DA, MA, DA, dan RA. Mereka dikenai pasal tindak pidana ringan.

Ade Safri menambahkan, “Polisi juga menangkap dua orang berinisial KS dan SH, salah satunya pelajar, membawa alat pemukul. Sudah kami lakukan penyidikan sejak kami tangkap”.

Ia juga menjelaskan bahwa dua orang tersebut kini berstatus sebagai tersangka dengan jeratan Pasal 2 ayat (1) UU No 12/1951 tentang Undang-Undang Darurat.

Dan sedangkan enam orang yang membawa miras menjalani sidang tipiring pada Pengadilan Negeri Solo, hari Selasa (13/10/2020) kemarin.

Menurutnya, dua orang yang menjadi tersangka dan para penyusup lainnya saat demo mahasiswa di depan Balai Kota Solo saling mengenal.

Baca Juga:  Jokowi Belum Teken Omnibus Law

Dalam aksi demo tersebut, pihak kepolisian aktif berkoordinasi dengan peserta aksi agar tidak ada kelompok lain yang menjadi menyusup.

Sementara itu, puluhan orang lain yang ditangkap saat ada aksi demo mahasiswa itu sudah dibebaskan. Polisi memanggil orang tua dan guru masing-masing.

Tags: , ,