3 Kecamatan di Karanganyar Jadi Fokus Razia Masker, Mana Saja?

3 Kecamatan Jadi Fokus Razia Masker, Mana Saja?

Di Kabupaten Karanganyar terdapat tiga kecamatan yang menjadi perhatian khusus untuk meningkatkan operasi razia masker.

Hal tersebut dilakukan karena di tiga kecamatan tersebut merupakan wilayah dengan angka kasus Covid-19 yang masih tergolong tinggi.

Yophi Eko Jatiwibowo selaku Kepala Satpol PP Karanganyar menjelaskan bahwa semenjak diterapkannya sanksi denda, beberapa wilayah yang kerap dilakukan razia masker mulai menunjukan perubahan perilaku.

Menurut Yophi, di wilayah Karanganyar kota seperti kawasan publik, Jl. Lawu dan lainnya jumlah masyarakat yang ditindak lantaran tak mengenakan masker ketika beraktifitas di luar mulai menurun.

Jumlah warga yang terjaring razia masker yang banyak hanya terjadi di wilayah yang baru pertama kali disentuh operasi razia masker.

Pada Selasa (20/10/2020), Yophi menuturkan, “Untuk saat ini kami memang gencar di kawasan perkotaan untuk razia dan sudah ada perubahan perilaku. Semakin turun angka yang melanggar. Sebagian besar sudah mulai tertib khususnya yang razia diadakan di jalan protokol. Masyarakat kami lihat sudah mulai sadar pentingnya mengenakan masker”.

Namun, pihaknya melihat wilayah-wilayah yang jarang diadakan razia masker masih banyak masyarakat yang belum tertib.

Ia juga menyoroti bahwa lokasi paling rawan masih pada sektor hajatan dan pasar yang masih banyak ditemui pelanggaran dan operasi akan difokuskan untuk digiatkan pada lokasi-lokasi tersebut.

Ia menjelaskan, “Tapi ada juga yang belum tertib dan banyak khususnya hajatan dan pasar. Masih banyak yang ngeyel. Kami akan fokuskan di situ nantinya operasi masker mengingat angka pelanggaran protokol kesehatan yang kami temui. Khususnya di kecamatan yang banyak kasus Covid-19 karena rawan”.

Sementara itu, beberapa kecamatan yang akan diminta untuk meningkatkan dan intensif razia masker menurutnya yakni di Jaten, Karanganyar kota, dan Colomadu.

Yophi menuturkan, “Makanya nanti kami koordinasi terus dengan Pemcam untuk terus menggiatkan razia masker. Karena kan kasusnya banyak, pastinya risikonya lebih tinggi juga. Khusus lebih diperhatikan juga ketika ada hajatan dan aktivitas masyarakat di pasar tradisional,” tutupnya.

Tags: , ,