5 Pedagang Pasar Jambangan Mojogedang Meninggal karena Covid-19

5 Pedagang Pasar Jambangan Mojogedang Meninggal karena Covid-19

Dalam rentang waktu dua minggu, sebanyak lima pedagang di Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar meninggal dunia akibat Covid 19.

Hal itu disampaikan oleh Martadi selaku Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) Karanganyar pada hari Senin (8/3/2021) kemarin.

Namun Martadi belum dapat memberikan informasi lebih detail terkait meninggalnya kelima pedagang tersebut. Dirinya mengatakan, kelima pedagang ini meninggal dalam rentang waktu dua pekan terakhir.

Martadi menyampaikan, “Mereka meninggal dalam jarak yang berdekatan rentang dua minggu”.

“Rentangnya dua mingguan. Informasi yang saya terima, kelima pedagang tersebut komorbid (memiliki penyakit bawaan), usianya juga sudah lanjut”, tambahnya.

Pihaknya mengaku sudah menempuh langkah penutupan Pasar Jambangan selama dua hari, Senin (8/3)-Selasa (9/3). Pihaknya saat ini fokus melakukan sterilisasi pasar demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Gibran Beri Sinyal Lanjutkan Proyek Masjid Sriwedari

“Penyemprotan ini, kita ingin memutus rantai. (Pasar) Diliburkan dua hari agar betul-betul Covid hilang dari pasar ini. Makanya hari ini saya terjun lagi untuk melihat penyemprotannya”, katanya.

Sementara itu, Eko Joko Iswanto -Camat Mojogedang- mengkonfirmasi terkait lima pedagang tersebut.

Eko menyebut bahwa kelima pedagang tersebut ada dua nama yang bukan berasal dari wilayahnya.

“Yang berinisial SPO berasal dari Kecamatan Kerjo dan CS dari Jumapolo,” jelasnya.

“Semuanya memiliki gejala komorbid seperti sesak nafas saat sebelum dinyatakan positif Covid 19″, jelasnya

Pihaknya juga menyampaikan bahwa kelima orang tersebut dimakamkan dengan protokol Covid 19.

“Kami makamkan sesuai dengan protokol Covid 19,” tegasnya.

Eko juga mengatakan bahwa petugas telah melakukan tracing terkait kasus positif Covid-19 di Pasar Jambangan. Hasilnya, dua pedagang lain saat ini dinyatakan positif Corona.

Baca Juga:  8 Pegawai Positif Covid-19, SMA Kebakkramat Lockdown

Tracing ada dua yang sakit, tapi isolasi mandiri di rumah, alhamdulillah perkembangan membaik. Sebelumnya memang ada lima yang meninggal karena memang sudah punya komorbid semua”, ungkapnya.

Tags: , ,