5G Huawei Resmi Diblokir Di Inggris

5G Huawei Resmi Diblokir Di Inggris

Pada Januari lalu, Inggris mengizinkan Huawei untuk berpartisipasi dalam proyek infrastruktur 5G dengan akses terbatas.

Namun kini terdengar kabar bahwa negara tersebut akhirnya memutuskan untuk memblokir Huawei Technologies dari proyek internet 5G.

Keputusan tersebut didasari atas penilaian ulang Pusat Keamanan Siber Nasinonal Inggris (NCSC), tentang risiko pengintaian yang ditimbulkan oleh Huawei.

Sanksi baru dari AS pada bulan Mei lalu memperumit keadaan. Sanksi baru berupa larangan China menggunakan suku cadang chip dari perusahaan AS dengan alasan keamanan nasional.

Para pejabat Inggris lantas menyusun jadwal pencopotan komponen Huawei yang sudah terpasang pada jaringan 5G. Perusahaan telekomunikasi Inggris, BT dan Vodafone, meminta waktu pencopotan komponen dari Huawei hingga 2030.

Baca Juga:  Nikon Resmi Pamit Dari Indonesia

Oliver Dowden -Sekretaris bidang kebudayaan, media dan digital Inggris- berbicara di depan parlemen. Oliver mengatakan operator seluler akan dipaksa untuk menyetop pembelian peralatan Huawei di akhir tahun.

Inggris juga akan membuat aturan yang mengecualikan Huawei dari infrastruktur 5G pada 2027.

Tom Tugendhat -Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Dewan Rakyat Inggris – memberikan sambutan baik terhadap keputusan pemerintah tersebut.

Selama lebih dari satu tahun, pemerintahan Trump mendesak Inggris dan sekutu lainnya untuk melarang Huawei berpartisipasi dalam pengembangan jaringan nirkabel generasi kelima ini.

Pejabat AS mengatakan Huawei akan menjadi “Kuda Troya” untuk agen spion Beijing, yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan data dan mengumpulkan intelijen.

Tags: , ,