6 Nakes di Kebumen Positif Covid-19, Usai Ikuti Pelatihan

Data Pantauan Covid-19 di Kabupaten Kebumen Sabtu (11/7) pukul 06.31 wib, jumlah kasus positif bertambah enam orang. Hal ini menunjukan Kasus Poitif Covid-19 di Kebumen melonjak cukup tinggi.

Sehingga total 12 orang positif Covid-19 yang masih dalam perawatan. Dari total kasus positif 51 orang, 37 dinyatakan telah sembuh dan dua orang meninggal dunia dan 12 masih dirawat.

Enam kasus terakhir terjadi akibat transmisi lokal. Pasien berinisial FR (28) Kebumen, DU (39) Puring, RW (39) dan ERN (41) warga Kecamatan Sruweng, AM (42) asal Rowokele dan Nur (38) warga Karanganyar terpapar karena kontak dekat dengan suspect Covid-19.

Mereka adalah para tenaga kesehatan yang selesai mengikuti pelatihan pengambilan spesimen/swab yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan di salah satu hotel di Kebumen. Dari enam orang tenaga kesehatan itu dua dokter dan empat tenaga kesehatan.

Baca Juga:  KPK Kembali Panggil 3 Saksi Kasus Proyek Infrastruktur Dinas PUPR Kota Banjar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen melakukan penyemprotan disinfektan guna memutus rantai penyebaran virus. Hal ini dilaksanakan di lima Puskesmas yakni Sruweng, Karanganyar, Rowokele, Klirong 1 dan Ayah 1. Selain itu, juga penyemprotan dilakukan di rumah pasien dengan hasil swab positif sebanyak enam yang berlokasi di Sruweng, Rowokele, Karanganyar, Puring dan Kebumen.

“Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di 28 satuan pendidikan,” ujar Plt Kalakhar BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto.

Pengisian air bersih juga giat dilaksanakan oleh Personil BPBD Kebumen guna keperluan cuci tangan di beberapa fasilitas umum di antaranya Alun-alun Kebumen sejumlah tiga torn, Pasar Mertokondo satu torn, Pasar Tumenggungan dua torn dan Pasar Koplak dua torn.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Solo Tambah 20 Orang, Transmisi Lokal Merebak

Personil BPBD Kebumen mengirimkan bantuan logistik dari Pemkab Kebumen guna meringankan beban keluarga pasien ODP, atas nama UM yang beralamat di RT 02 RW 02 Desa Pringtutul Kecamatan Rowokele dan penerimaan di wakili oleh Puskesmas Rowokele.

Tags: , , ,