6 Tim Pengurai Kerumunan Akan Jaga Pelantikan Gibran

6 Tim Pengurai Kerumunan Akan Jaga Pelantikan Gibran

Terkait proses pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo terpilih di Pilkada 2020, pihak kepolisian dan TNI telah menyiapkan rangkaian pengamanan.

Seperti yang diberitakan sebalumnya, pada hari Jumat (26/2/2021) mendatang, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa akan dilantik sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2024.

Sesuai dengan rencananya, pelantikan tersebut akan dilakukan di kantor DPRD Solo.

Kombes Pol Ade Safri Simanjutak selaku Kapolresta Solo menyampaikan bahwa ratusan personel dikerahkan untuk pengamanan pelantikan tersebut.

Pada hari Rabu (24/2/2021) kemarin, Ade menuturkan, “Pengamanan pelantikan nanti kami kerahkan 375 personil, yang terdiri dari unsur Polri dan TNI, baik dari Kodim 0735/Surakarta dan Korem 074 Warastratama”.

Lantaran pelantikan ini digelar di tengah pandemi Covid-19, aparat juga akan menerjunkan tim pengurai kerumunan.

Polresta Solo akan mengerahkan enam tim pengurai kerumunan, yang akan melakukan patroli secara masif selama proses pelantikan ini berlangsung.

“Kami sudah lakukan imbauan agar tidak ada pengerahan massa dan arak-arakan, agar tidak ada kerumunan,” tegas Kapolresta.

Jika nanti ditemukan adanya kerumunan, pihaknya akan langsung membubarkan.

Kapolresta juga menegaskan, “Untuk antisipasi, nanti 6 tim itu akan terus mobiling saat tahapan pelantikan berlangsung”.

Jumlah orang yang hadir dalam pelantikan tersebut juga dibatasi.

Seperti yang diketahui, ada perubahan mengenai lokasi pelantikan Gibran.

Sebelumnya, proses pelantikan direncanakan dilakukan di Balai Tawangarum kompleks Balai Kota Surakarta, namun diubah menjadi di Gedung DPRD Surakarta.

Tags: , ,