8 Pegawai Disarpus Karanganyar Positif Covid-19

8 Pegawai Disarpus Karanganyar Positif Covid-19

Sebanyak delapan pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atau Disarpus Kabupaten Karanganyar terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga kasus ini menjadi klaster baru penyebar virus Covid-19.

Berdasarkan hasil dari pelacakan kontak erat dari seorang pegawai Disarpus Karanganyar yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (1/11/2020) lalu, kini terdapat tujuh orang yang diketahui juga positif Covid-19.

Tambahan tersebut membuat total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kantor Disarpus Karanganyar kini menjadi delapan orang.

Juliyatmono selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar itu menjelaskan bahwa petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar sudah melaksanakan tes swab Covid-19 terhadap 38 pegawai Disarpus secara bertahap.

Tahap pertama tes swab dilakukan kepada 18 orang. Lalu pada tahap kedua tes swab Covid-19 dilakukan terhadap 20 orang.

Pada hari Selasa (10/11/2020) ini, Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar itu menuturkan, “Dari hasil tes swab Covid-19 terhadap kontak erat itu, didapatkan hasil tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19. Kami sudah melakukan tahapan berikutnya yakni melacak kontak erat dari keluarga. Kalau rekan kerja di Disarpus kan sudah di swab semua”.

Baca Juga:  Bupati Karanganyar Tak Beri Ijin Gelar Pesta Kembang Api

Pihaknya menambahkan bahwa kantor Disapur Karanganyar tidak ditutup total. Sejumlah pegawai masih memberikan pelayanan administrasi. Namun, Disarpus tidak melayani peminjaman buku untuk sementara waktu.

Orang nomer satu di Karanganyar itu menjelaskan, “Enggak (lockdown). Pelayanan kantor (administrasi) tetap jalan. Tetapi diatur pegawainya. Tidak semua masuk. Yang bersangkutan (terkonfirmasi positif Covid-19) saja yang isolasi mandiri. Kan semua kontak erat (pegawai Disarpus Karanganyar) sudah tes swab. Keluarga (tujuh orang terkonfirmasi) saja yang selanjutnya menjalani tes swab“.

Sementara itu, Sugeng Raharto -Kepala Disarpus Kabupaten Karanganyar- membenarkan bahwa seluruh pegawai Disarpus Karanganyar sudah menjalani tes swab Covid-19.

Sugeng menyebut bahwa ia sudah mengambil tindakan tertentu terkait tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster Disarpus Karanganyar.

Baca Juga:  Pasar Gede Solo Dikabarkan Ditutup Lantaran Pedagang Kena Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Di hari yang sama, Sugeng mengatakan, “Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes untuk melacak keluarga dari tujuh orang itu. Ada beberapa orang (anggota keluarga tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19) sudah swab. Pelayanan administrasi ada tetapi terjadwal. Tidak semua masuk”.

Mayoritas mengikuti tes swab yang diselenggarakan pemerintah, namun ada juga sejumlah orang yang memilih tes swab Covid-19 secara mandiri.

Sugeng menambahkan, “Total pegawai di Disarpus sudah termasuk THL itu 52 orang. Dari jumlah itu tiga orang tes swab Covid-19 mandiri. Jadi sudah selesai, tinggal kontak erat keluarga. Tujuh pegawai itu di bagian pelayanan dan sekretariat”.

Disarpus Karanganyar juga berkoordinasi dengan BPBD Karanganyar untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Sugeng menjelaskan sudah beberapa kali menyemprot seluruh ruangan di kantor Disarpus Karanganyar.

Tags: , ,