Ada 2 Kecamatan Di Karanganyar Dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Mana Saja?

Ada 2 Kecamatan Di Karanganyar Dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Mana Saja?

Selama beberapa waktu terakhir, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Jaten melonjak.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar menjelaskan bahwa kondisi tersebut terjadi karena hasil penelusuran kontak erat.

Juliyatmono selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Karanganyar mengatakan bahwa lonjakan kasus Covid-19 terjadi di sejumlah kecamatan di wilayahnya.

Lonjakan kasus tersebut diperkirakan terjadi karena pelacakan kontak erat semakin banyak dan masih ada aktivitas pelaku perjalanan.

Pada hari Selasa (6/10/2020) kemarin, Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar, menuturkan, “Hasil pelacakan dan (mereka) yang datang dari berbagai wilayah. Ada pelacakan pasien meninggal karena Covid-19, ada juga pelacakan orang-orang yang bergaul dengan pasien terkonfirmasi. Yang dilacak pun meningkat, banyak”.

Baca Juga:  Tak Berizin dan Berkerumun, Lomba Mobile Legends di Solo Dibubarkan

Ia mengungkapan bahwa kondisi demografi mempengaruhi persebaran Covid-19. Adapun dua kecamatan dengan kasus Covid-19 tertinggi di Karanganyar berada di wilayah perkotaan. Salah satu ciri wilayah perkotaan adalah jarak antar rumah berdekatan.

“Ya karena wilayah perkotaan. Rumah berdekatan. Jadi (saat terjadi kasus), kontak erat lebih banyak. Berbeda dengan di desa, rumahnya berjauhan (berjarak). Jadi, (saat terjadi kasus) kontak erat tidak begitu banyak,” tambah Yuli.

Berdasarkan data dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar hingga hari Selasa (6/10/2020) kemarin, di Kecamatan Karanganyar terdapat 23 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 41 kasus sudah dinyatakan sembuh, dan tiga kasus meninggal.

Sementara di Kecamatan Jaten terdapat 29 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 60 kasus sudah dinyatakan sembuh, dan dua kasus meninggal.

Tags: , ,