Amankan Ibadah Paskah, Polresta Solo Terjunkan Sniper dan Penjinak Bom

Amankan Ibadah Paskah, Polresta Solo Terjunkan Sniper dan Penjinak Bom

Polresta Surakarta bersiaga penuh menjelang rangkaian perayaan Paskah di Kota Solo, pada hari Jumat (2/4/2021).

Selain menyiapkan sebanyak 500 personel gabungan TNI Polri, pihak kepolisian juga akan terjunkan penembak jitu dan penjinak bahan peledak (Jihandak) Polda Jawa Tengah.

Usai memimpin apel pasukan, pada hari Rabu (31/3/2021) kemarin, Kompol I Ketut Sukarda selaku Kabag Ops Polresta Solo menyampaikan bahwa pengamanan yang dilakukan merupakan hal rutin dalam kegiatan ibadah Paskah.

Sukarda menyebut bahwa 500 personel gabungan dari polsek jajaran, Polresta Solo, Kodim 0735, dan Korem 074 Warastratama.

Kabag Ops Polresta Solo menambahkan, “Terkait lokasi rawan, keseluruhan saya anggap rawan. Asumsi rawan agar kami selalu waspada dan tidak lengah. Personel juga bergerak di 36 gereja besar”.

Ia juga menegaskan bahwa pasukan khusus turut dilibatkan membantu pengamanan.

Pasukan khusus dilibatkan dalam Operasi Gabungan Skala Besar seperti Kopassus, TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Brimob, dan Detasemen Polisi Militer.

Menurutnya, selain penembak jitu dan penjinak bahan peledak, kepolisian tetap menerjunkan Unit K-9 untuk mensterilisasi bangunan gereja.

Sebelumnya, Polresta Solo menjamin keamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah. Menurutnya, kepolisian telah berkoordinasi dengan pemuka agama dan pengurus gereja terkait pengamanan persiapan jelang Paskah.

Terpisah, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi menyampaikan bahwa TNI-Polri sudah memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jateng saat menghadiri rapat Forkopimda terkait penanganan terorisme di Jawa Tengah di ruang kerja Gubernur Jateng, hari Selasa (30/3/2021).

Ahmad Lutfhi menjelaskan bahwa pihaknya telah mem-briefing para Kapolres di jajaranya untuk memastikan jaminan keamanan untuk umat yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

“Saya sudah briefing para Kapolres kemarin ya, untuk memfasilitasi tempat ibadah yang akan digunakan untuk ibadah Paskah mulai hari ini sampai nanti menjelang perayaan Paskah”, katanya.

Selain itu, Polda Jateng juga menggandeng komponen masyarakat yang ada yaitu ormas-ormas lintas agama. Hal ini menurut Kapolda menunjukkan bahwa rasa memiliki dan rasa persaudaraan antar-agama tidak hanya dimiliki oleh TNI-Polri saja namun juga seluruh komponen masyarakat.

Tags: , ,