Amankan Paskah, Polresta Solo Kerahkan 375 Personel

Perayaan Paskah bagi umat Kristiani akan berlangsung pada hari Jumat mendatang. Polresta Surakarta, menyiagakan 375 personel untuk memastikan rangkaian perayaan berjalan aman dan lancar.

Pengamanan kali ini lebih fokus pada tempat ibadah terutama gereja pasca kasus bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) lalu.

Kepolisian menggunakan pengamanan tiga ring termasuk petugas pengurai kerumunan berada di luar gereja.

Pada hari Selasa (30/3/2021) kemarin, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak selaku Kapolresta Solo menyampaikan bahwa pihak kepolisian menjamin keamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah.

“Ada 375 personel yang kami siapkan untuk mengamankan peringatan Paskah pekan ini. Pengamanan personel di gereja dilakukan secara terbuka dan tertutup”, katanya.

Baca Juga:  Gibran Pastikan Pemudik Yang Nekat Pulang Ke Solo Langsung Dikarantina

Ade menyebut Polresta Solo telah berkoordinasi dengan pemuka agama dan pengurus gereja terkait pengamanan persiapan jelang Paskah.

Kapolresta menyampaikan bahwa kepolisian juga merekomendasikan ibadah secara daring apabila dirasa memungkinkan.

Hal tersebut lantaran saat ini situasi pandemi belum usai dan ibadah juga bisa digelar secara daring maupun luring dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain penerapan protokol kesehatan, pihaknya juga akan melakukan penggeledahan terhadap barang bawaan jemaat. Demikian juga kendaraan yang dibawa jemaat, akan dilakukan pemeriksaan.

Ade menjelaskan, “Tim Jihandak Polda Jateng dan Unit K-9 akan mensterilisasi bangunan gereja. Kemudian barang bawaan jemaat akan diperiksa sebelum memasuki gereja. Termasuk kendaraan jemaat,” jelasnya.

Ia menuturkan, akan ada petugas khusus yang bergerak dan tim pengurai kerumunan selama proses ibadah berlangsung.

Baca Juga:  Giliran Ahok Temui Gibran di Solo, Ini yang Dibahas

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan bahwa kepolisian turut membagi pengamanan gereja sesuai prioritas dan jumlah personel kepolisian menyesuaikan kategori prioritas itu.

Selain menerjunkan 375 personel kepolisian, pengamanan juga dibantu jajaran TNI serta Pemkot Solo.

Tags: , ,