Angka Covid-19 Solo Muncul 8 Kasus Baru

Angka Covid-19 Solo Muncul 8 Kasus Baru

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo mencatat tambahan delapan kasus baru sehingga kumulatifnya menjadi 981 kasus pada Rabu (21/10/2020) kemarin.

Catatan kasus tersebut seluruhnya baru, kecuali satu yang berasal dari tracing kontak warga yang melakukan uji swab mandiri.

Siti Wahyuningsih selaku Kepada Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, menjelaskan bahwa tambahan delapan kasus pada perkembangan situasi itu, tiga orang yakni dari Kelurahan Mojosongo.

Mengenai domisili, masing-masing seorang dari Manahan, Kedunglumbu, Sewu, Jebres, Manahan, Pucangsawit, dan Mojo.

Sedangkan dari proses konfirmasinya, delapan kasus itu terdiri atas empat pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi.

Kemudian, tiga orang dari uji swab mandiri, dan sisanya hasil tracing pada kasus sebelumnya.

Pada hari Rabu (21/10/2020) kemarin, Ning sapaan akrab Kepala DKK Solo itu, menuturkan, “Salah satu dari delapan kasus itu adalah remaja umur 15 tahun asal Kelurahan Manahan”.

Ning juga menambahkan, bahwa pada perkembangan Covid-19 Solo hari Rabu, juga ada tambahan satu orang yang meninggal dari Kelurahan Kadipiro, Banjarsari.

Kasus meninggal ini terjadi pada pasien suspek yang naik kelas jadi konfirmasi, kemudian tutup usia.

Dengan begitu, jumlah warga Solo yang meninggal akibat positif Covid-19 totalnya menjadi 38 orang.

Ning menjelaskan, “Klaster keluarga dan tetangga dari Kelurahan Gandekan, Jagalan, termasuk warung soto Kepatihan Kulon saya harap terputus. Meski hingga saat ini belum ada pelanggan warung soto itu yang melapor. Jika rentang 1-8 Oktober, artinya ini sudah lebih dari 10 hari”.

Ia juga menyampaikan bahwa angka kesembuhan dalam perkembangan situasi Covid-19 Solo sangat fluktuatif. Terkadang, saat angka kesembuhan tinggi, keesokan harinya kasus melonjak naik.

Sedangkan untuk rasio angka kematian atau case fatality rate (CFR) menurun daripada bulan lalu, yakni 3,8. Dari kumulatif kasus 981 orang, jumlah kematian 38 kasus.

Tags: , ,