Angka Covid-19 Solo Tambah 11 Kasus, Satgas Sebut Banyak Warga yang Abai

Angka Covid-19 Solo Tambah 11 Kasus, Satgas Sebut Banyak Warga yang Abai

Pada hari Senin (12/10/2020) kemarin, Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo mencatat tambahan 11 kasus baru konfirmasi positif Covid-19.

Di sisi lain, Satgas telah menemukan banyak warga yang tidak hanya abai dengan protokol kesehatan, namun seolah-olah sudah lupa bahwa saat ini masih pandemi Covid-19.

Sehingga masih banyak warga yang berkumpul, memakai masker tapi tidak sempurna menutup hidung dan mulut serta mengabaikan jaga jarak.

Ahyani selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Solo menyampaikan bahwa ia mendapati kerumunan masyarakat yang abai menjaga jarak pada sejumlah lokasi, utamanya tempat publik.

Ahyani menuturkan, “Jl Slamet Riyadi, depan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dan sejumlah lokasi lain, saya melihat masyarakat sudah bukan lagi abai. Mereka lupa saat ini masih pandemi Covid-19. Masker cuma pada dagu, lalu berdekatan. Nongkrong. Padahal, kasus Covid-19 terus bertambah”.

Baca Juga:  PDIP Pecat Cawabup Klaten Harjanta yang Maju Pilkada 2020 Lewat Partai Lain

Pihaknya mengatakan bahwa tak bisa membatasi mobilitas warga, karena itulah perlunya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, di hari yang sama Satgas Penanganan Covid-19 Solo mencatat tambahan 11 kasus baru konfirmasi positif Covid-19.

Rinciannya yakni dua dari uji swab mandiri, enam dari pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi. Dan sisanya adalah tiga kasus dari hasil tracing kontak tiga induk kasus.

Ahyani menambahkan, “Hasil uji swab Asrama Militer, Kelurahan/Kecamatan Banjarsari belum keluar”.

Untuk domisili 11 kasus baru itu meliputi masing-masing seorang dari Bumi, Penumping, Kemlayan, Tipes, Mojo, Gandekan, Jebres, Mojosongo, Sumber. Kemudian dua dari Kadipiro.

Kumulatif kasus konfimasi positif virus corona Kota Solo menembus 814 orang. Rinciannya yakni 59 orang rawat inap, 115 orang isolasi mandiri, 610 sembuh/pulang. Sedangkan 30 orang lainnya meninggal dunia.

Tags: , ,