Angka Kemiskinan di Karanganyar Capai 85.000 Orang

Angka Kemiskinan di Karanganyar Capai 85.000 Orang

Hingga bulan Februari 2021 ini, Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar mengungkapkan data kemiskinan di Karanganyar tercatat ada 85.000 orang.

Jumlah tersebut didapatkan dari data penerima bantuan sosial pangan (BSP), bantuan sosial tunai (BST) dan program keluarga harapan (PKH).

Mengutip solopos, pada hari Selasa (23/2/2021) kemarin, Gunarto -Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial (PPS) Dinsos Karanganyar- menyampaikan bahwa hingga saat ini bantuan sosial Covid-19 yang masih bergulir adalah BSP, BST, dan PKH dari program yang dibuat oleh Kementerian Sosial. Total penerima bantuan tersebut di Karanganyar mencapai 85.000 orang atau keluarga.

Gunarto mengatakan, “Kalau sampai saat ini masih tiga saja program dari Kementerian Sosial. Kalau dari Kabupaten hanya bantuan sembako untuk masyarakat yang terdampak isolasi mandiri karena Covid-19”.

Baca Juga:  Gibran Batal Dilantik di Balai Kota Solo

Dari jumlah total 85.000 penerima bantuan, pihaknya merinci bahwa ada sekitar 60.000 di antaranya yang merupakan penerima BSP dan sisanya adalah penerima BST Kementerian Sosial.

Selain dari kedua bantuan tersebut dari total 85.000 orang juga terdaftar dalam PKH.

Ia menjelaskan, “Jadi ada yang ganda itu yang PKH ada yang juga dapat BSP atau BST. Sampai saat ini sekitar itu jumlah untuk angka kemiskinan total di Karanganyar”.

Walaupun terdapat puluhan ribu warga miskin, Gunarto mengatakan bahwa pada 2020 pihaknya sudah meluluskan 2.127 keluarga dari program PKH.

Saat ini pihaknya masih terus mendata ulang jumlah penerima bantuan sosial dan jumlah pasti angka kemiskinan di Karanganyar.

Tags: , ,