Antisipasi Erupsi Merapi, DPUPR Boyolali : Kondisi Jalur Evakuasi Sudah Bagus

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memastikan bahwa jalur-jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi masih cukup baik.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, boyolali.go.id, Kepala DPUPR Boyolali, Arief Gunarto, menjelaskan bahwa jalur evakuasi Gunung Merapi sudah dalam kondisi baik berdasarkan pantauannya di tahun 2019 lalu.

“Tahun lalu kita melalui jalur evakuasi kondisi jalur evakuasi di Gunung Merapi sudah baik, sebetulnya jalur evakuasi itu wewenang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat. DPUPR cuman membantu di teknisnya saja, akan tetapi anggaran tetap wewenang BPBD,” ujar Kepala DPU PR Boyolali, Arief Gunarto, Jumat (27/11/2020).

Arief mengatakan meskipun kondisi di jalur evakuasi dibeberapa jalur Gunung Merapi sejauh ini sudah bagus, namun pihaknya tetap mempersiapkan dana Unit Reaksi Cepat (URC) jika dirasa perlu perbaikan.

Baca Juga:  SE PPKM Jilid 2 di Solo Diteken. Apa Saja Isinya?

“Ya kalau memang dirasa untuk darurat kita sudah siapkan dana URC, kita masih ada anggaran URC untuk keadaan darurat-darurat saja”, tambah dia.

Untuk jalur evakuasi yang sempit, seperti di Kali apu dan Tlogolele, Arief mengatakan karena standart jalan berbeda, artinya ada perbedaan antara jalan kabupaten atau jalur evakuasi jalan desa.

“Sebetulnya bukan wewenang DPUPR terkait jalur evakuasi jalan desa, namun apabila keadaan darurat dan mengkwatirkan tentunya akan kita bantu”, ungkap Arief.

Untuk informasi, Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kawasan yang berada di zona KRB (Kawasan Rawan Bencana) Gunung Merapi, kabupaten lainnya ada Klaten, Magelang (Jawa Tengah) dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Tags: , ,