Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Ritel Modern Soloraya Terapkan Pembatasan

Mengantisipasi lonjakan massa selama liburan akhir tahun, sejumlah ritel modern Soloraya menerapkan pembatasan kapasitas jumlah pengunjung demi mencegah persebaran Covid-19.

General Manager Hypermart Solo Grand Mall(SGM), Ratna Kusumastuti, mengatakan jumlah pengunjung sekarang masih belum normal namun lebih baik daripada saat awal pandemi.

“Pada pintu masuk kami ada komputer yang tinggal di-klik untuk menghitung jumlah pelanggan dalam toko. Sistem ini sekaligus menghitung berapa kapasitas maksimal pengunjung yang boleh masuk,” katanya kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

Ratna mencontohkan jika sistem sudah menunjukan angka 346 orang ke area ritel makan secara otomatis pengunjung setelahnya harus menunggu sampai ada pengunjung di dalam area ritel keluar

Ratna menjelaskan sistem yang terkomputerisasi ini menghitung pengunjung yang masuk dan keluar toko.

Baca Juga:  Pasangan Bajo Tak Mau Gugat Hasil Pilkada Solo ke MK, Apa Alasannya?

Sebelumnya tingkat kunjungan di Hypermart SGM naik saat ada Surat Edaran (SE) Wali Kota yang memperbolehkan anak usia 5 tahun keatas masuk ke pusat pembelanjaan beberapa waktu lalu namun setelah SE kembali ke awal, hanya 15 tahun keatas yang boleh masuk, trafik pengunjung kembali berkurang namun masih lebih baik daripada awal pandemi.

Asisten Manager Matahari Departemen Store (MDS), Sri Hartono Hadi, menambahkan tak bosan-bosannya manajemen mengingatkan staf untuk  mematuhi protokol kesehatan (prokes).

MDS sempat menutup gerainya pada Maret-April 2020 lalu sebagai bentuk meminimalisir persebaran virus.

Selain itu, selama masa pandemi, MDS SGM juga berkolaborasi dengan outlet MDS lainnya di Soloraya, seperti Solo Square, Singosaren dan Hartono Mall Solo Baru.

Baca Juga:  Polisi Larang Konvoi Di Penetapan Pemenang Pilkada Solo

Hal ini juga sebagai upaya mendongkrak penjualan produk khususnya fashion yang sempat anjlok karena Covid-19.

Sementara itu, Carrefour Service Client and Secretary Carrefour Transmart Pabelan, Laily Hidayati, menjelaskan demi mengurangi risiko Covid-19 serta mengatrol penjualan, manajemen membuka layanan pesan antar.

“Jadi selain penerapan protokol kesehatan pada outlet, kami mempermudah pelanggan dalam berbelanja tanpa harus ke sini. Ini supaya pelanggan dapat berbelanja dengan aman dan nyaman. Mereka tinggal klik link 40010.transmartdelivery.com dengan minimal belanja Rp 100.000, kami antar sampai rumah,” jelasnya.

Tags: , ,