Apakah Kalung Anti Virus Kementan Efektif Cegah Corona?

Apakah Kalung Anti Virus Kementan Efektif Cegah Corona?

Kementerian Pertanian (Kementan) baru-baru ini membuat heboh dengan kalung aromaterapi eucalyptus yang diklaim sebagai antivirus korona. Produk ini dikemas dalam berbagai bentuk seperti kalung untuk inhaler, roll on, salep, balsem dan diffuser.

Kalung ini juga banyak dibahas dan menjadi pertanyaan terkait dengan efektivitasnya. Menurut Kepala BB Penelitian Veteriner Indi Dharmayanti, produk ini baik digunakan secara efektif setiap hari.

“Dengan penggunaan 5 – 15 menit, inhalasi akan efektif bekerja sampai ke alveolus. Konsentrasi 1 persen bisa membunuh virus 80-100 %,” ungkapnya.

Meski terlihat ampuh dan menjadi harapan baru, namun Kementan mengungkapkan bahwa produk ini bukan merupakan obat bagi virus Covid-19. Ini bagian dari upaya pencegahan.

Baca Juga:  Gelar Webinar Nasional Pilkada Berintegritas 2020, KPK Ingatkan Kasus Tahun Politik

Berdasarkan uji lab, aroma eucalyptus memiliki kemampuan menghancurkan sel virus influenza dan gamma corona. Ini yang menjadi dasar.

“Produk antivirus tersedia dalam berbagai bentuk seperti, inhaler, roll on, salep, balsem, dan diffuser. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi harapan baru dalam mencegah virus covid-19,” ucap Indi.

Bahan aktif utamanya adalah cineol-1.8 yang memiliki kelebihan sebagai antimikroba dan antivirus berkat mekanisme M pro. Mekanisme ini adalah main protease (3CLPro) dari virus corona yang merupakan target potensial untuk menghambat replikasi virus corona.

Penelitian menunjukkan bahwa eucalyptol berpotensi mengikat protein Mpro. Sehingga menghambat replikasi virus.

“Manfaat tersebut dapat terjadi karena 1,8 cineol dari eucalyptus disebut eucalyptol dapat berinteraksi dengan transient receptor potential ion chanel yang terletak di saluran pernapasan,” katanya.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Guru, Staff dan Siswa Sekolah Jalani Rapid Test Sebelum dan Sesudah PTM

Haruskah kita mengharapkan produk ini atau harus biasa-biasa saja? Bagaimanapun, kalung ini layak untuk ditunggu.

Tags: , , ,