Aparat Kepolisian Mulai Waspadai Potensi Pencurian Di Lereng Gunung Merapi

Aparat Kepolisan Mulai Waspadai Potensi Pencurian Di Lereng Gunung Merapi

Menyusul adanya gelombang pengungsian, Satreskrim Polres Klaten mulai mewaspadai potensi aksi kejahatan di lereng Gunung Merapi.

Dua aksi kriminal yang diwaspadai saat terjadi erupsi Gunung Merapi yakni aksi pencurian dan penjarahan di rumah milik warga yang berada di lereng Gunung Merapi.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh AKP Andriansyah Rithas Hasibuan selaku Kasatreskrim Polres Klaten pada hari Rabu (18/11/2020) ini.

Pemetaan dari berbagai daerah di lereng Merapi perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum erupsi benar-benar terjadi.

Dari hal tersebut, diharapkan anggota Satreskrim Polres Klaten sudah melakukan tindakan pencegahan terjadinya aksi kejahatan di saat erupsi Gunung Merapi.

Kasatreskrim Polres Klaten itu menuturkan, “Hari ini, saya sudah mengumpulkan seluruh kepala unit. Intinya membahas antisipasi terjadinya aksi kejahatan di lereng Gunung Merapi. Saat ini, kami sudah petakan daerah mana-mana saja yang akan ditinggalkan warganya untuk mengungsi saat erupsi Gunung Merapi. Intinya, barang-barang yang ditinggalkan para pengungsi jangan sampai dicuri atau pun dijarah orang tak bertanggung jawab. Jadi, kami sudah memiliki rencana tentang apa-apa yang harus dilakukan untuk mencegah aksi kejahatan itu”.

Baca Juga:  Pasar Gede Solo: Pembeli Turun Drastis Imbas Kabar Hoax Soal Penutupan Pasar

Pihaknya juga menyampaikan bahwa di antara fokus pengawasan anggota Satreskrim Polres Klaten, adalah keberadaan hewan ternak.

Nantinya, anggota dari Satreskrim Polres Klaten tidak akan memberikan toleransi terhadap setiap pelaku kejahatan di lereng Gunung Merapi.

Andriansyah menjelaskan, “Sesuai pengalaman di tahun 2010, ada aksi pencurian atau penjarahan di daerah yang ditinggalkan warga selama mengungsi (saat erupsi Gunung Merapi). Kami tak menginginkan hal itu. Makanya jika ada yang nekat melakukan kejahatan, kami akan menerapkan pasal pencurian semaksimal mungkin. Ancaman hukuman akan kami optimalkan (Pasal 362 dan 363 KUHP tentang Pencurian)”.

Ipda Nahrowi -Kasubaghumas Polres Klaten- juga mengatakan hal yang sama, selama ini, sejumlah anggota polisi sudah disebar di lereng Gunung Merapi.

Baca Juga:  KPU Boyolali Lakukan Penyortiran Surat Suara dengan Standar Prokes

Nahrowi menyampaikan, “Di atas (di lereng Merapi) sudah ada sejumlah anggota yang rutin berpatroli. Termasuk 50 anggota Brimob yang disiagakan”.

Tags: , ,