Aplikasi VTube Hilang dari Playstore, Ini Kata Satgas Waspada Investasi

Aplikasi VTube Hilang dari Playstore, Ini Kata Satgas Waspada Investasi

Kehebohan VTube kembali berlanjut. Aplikasi itu dikabarkan hilang dari dari Playstore. Sejumlah warganet ramai membahas hal ini di media sosial.

Dari penelusuran oleh berbagai sumber pada hari Rabu (24/2/2021) kemarin, dilaporkan bahwa saat mengetik kata kunci ‘VTube’ di kolom pencarian Playstore, aplikasi tersebut tidak lagi ditemukan.

Namun, masih ada sejumlah aplikasi yang mengandung kata kunci tersebut.

Aplikasi tersebut bukan VTube yang dikembangkan oleh PT Future View Tech, melainkan aplikasi yang memberikan panduan tentang cara menggunakan VTube.

Vtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Future View Tech sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing pun menegaskan bahwa Vtube masih masuk dalam daftar ilegal hingga saat ini, alias tidak resmi.

Baca Juga:  Polri Duga Kebakaran Balongan Dipicu Kelalaian

Melansir detikcom, Tongam mengatakan, “Vtube masih masuk dalam daftar investasi ilegal”.

Namun berdasarkan informasi yang disampaikan ke pihak Satgas soal Vtube resmi atau ilegal, saat ini Vtube telah melakukan pengurusan izin.

“Vtube telah melakukan pengurusan izin sehubungan dengan kegiatannya”, jelas Tongam.

Sementara itu, Dedi Permadi selaku Juru Bicara Kementerian Kominfo turut membenarkan bahwa VTube telah diblokir dan dihapus dari Google Playstore.

Mengutip dari Kompascom pada hari Rabu (24/2/2021) kemarin, Dedi mengatakan, “Betul, sudah dihapus dari Google Playstore. Penindakan tersebut kami lakukan atas permohonan dari OJK”.

Pihaknya juga mengingatkan, jika ada masyarakat yang merasa dirugikan dengan adanya aplikasi VTube dapat segera melaporkan ke kepolisian.

Baca Juga:  Sejumlah Negara Dilanda Gelombang Ketiga Corona, Airlangga: Covid-19 Belum Selesai

Ketika dikonfirmasi terpisah mengenai hilangnya aplikasi VTube dari Playstore, Ketua Satgas Waspada Investasi yakni Tongam L.Tobing juga membenarkan hal tersebut.

Tongam mengatakan, “Kami meminta semua (terkait VTube) diblokir oleh Kemenkominfo”.

Walaupun, telah diblokir dan dihapus di playstore, sejumlah link penyedia aplikasi android disebutkan masih bisa untuk mengunduh VTube. Seperti ApkPure, Apkplz, 9apps, dan Rajaapk.

Pihak Satgas Waspada Investasi mengaku melakukan pemantauan dan tidak menutup kemungkinan juga akan memblokirnya.

“Kami monitor,” tegas Tongam.

Tags: , ,