Arus Lalu Lintas Kendaraan di Solo Terpantau Masih Normal

Arus Lalu Lintas Kendaraan di Solo Terpantau Masih Normal

Arus lalu lintas di Kota Solo, masih terpantau normal. Belum ada peningkatan kepadatan lalu lintas menjelang peniadaan mudik yang akan berlangsung pada 6-17 Mei ini.

“Masih normal seperti akhir pekan biasa,” kata Kepala Satlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, pada hari Minggu (02/05/2021).

Saat ini pihaknya terus memantau kepadatan lalu lintas yang dilakukan oleh petugas di lapangan. Pemantauan juga dilakukan oleh petugas Traffic Management Center (TMC) Polresta Solo.

Adhytia mengatakan, kendaraan pelat luar memang sudah terlihat melintas di Kota Solo. Namun rata-rata pelat berasal dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jogjakarta.

“Tetap paling mendominasi pelat sekitar Kota Solo, kemudian pelat H (eks Karesidenan Semarang) dan L (Surabaya),” ungkapnya.

Meski pelat luar beberapa masuk, namun belum mengarah pada arus mudik.

Kemungkinan arus kendaraan hanya sekedar melintas di ruas jalan Kota Solo.

“Namun kami tetap standby-kan anggota untuk mengatisipasi kepadatan. Kami terus berkoodinasi dengan kepolisian tetangga apakah ada pergerakan arus kendaraan dalam jumlah banyak,” jelasnya.

Mengingat ada perubahan jadwal pembatasan mudik di Kota Solo, di mana awalnya akan dilaksanakan Sabtu (1/5/2021) menjadi Kamis (6/5/2021), teknis anggota yang berjaga di pos skrining dan tracing, testing, treatment (3T) juga mengalami penyesuaian.

“Anggota sementara yang berjaga masih lima sampai enam orang per pos. Penempatanya juga kami acak jamnya. Kami akan all out pada 6 Mei. Setiap sif ada 15 anggota dan akan berjaga full selama 24 jam,” ucapnya.

Kasatlantas juga menyampaikan bahwa tes swab antigen tetap akan dilaksanakan di pos skrining dan 3T, meski pemudik mengantongi surat keterangan rapid test antigen maupun PCR.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Ari Wibowo menyebut terdapat peningkatan kepadatan lalu lintas sejak Sabtu kemarin. Namun, kondisi itu masih tergolong normal lantaran terjadi di akhir pekan.

Dia juga mengakui banyak kendaraan berpelat nomor luar kota yang melintas di kota itu. Namun tidak ada kepastian bahwa penggunanya adalah para pendatang yang mudik.

“Bisa saja milik warga Solo tapi pelat nomornya luar kota,” katanya.

Tags: , ,