Asrama Militer di Solo Jadi Klaster Baru Covid-19

Asrama Militer di Solo Jadi Klaster Baru Covid-19

Di Asrama Militer (Asmil) di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Banjarsari, delapan warga terkonfirmsi positif Covid-19.

Mengetahui kejadian tersebut, Kodim 0735/Surakarta langsung mengambil berbagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji selaku Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta menyampaikan bahwa anggota TNI yang terinfeksi berasal dari berbagai satuan. Mereka bertugas di Solo dan kabupaten sekitar.

“Yang positif sudah dirawat semua di RS Bung Karno,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, tiga kasus pertama teridentifikasi hari Kamis (8/10/2020) pekan lalu. Dari tiga kasus tersebut petugas kesehatan melakukan contact tracing dan menemukan 5 kasus positif lainnya. Mereka adalah kontak erat dari keluarga dan tetangga kasus awal.

Baca Juga:  UMK 2021 Serikat Buruh Karanganyar Minta Naik 3%

Mengingat lingkungan Asmil Banjarsari berupa rumah susun, contact tracing ke-70 orang dilakukan terhadap mereka yang melakukan kontak erat dan dekat dengan delapan kasus awal.

Wiyata mengatakan bahwa mereka telah menjalani pengambilan sampel swab.

Saat ini mereka tengah menjalani isolasi mandiri. Asmil berupa rumah susun tersebut juga sudah disemprotkan cairan disinfektan.

Wiyata menjelaskan bahwa selama bertugas, anggotanya telah mematuhi protokol kesehatan. Munculnya klaster Asmil Banjarsari ini menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menimpa kepada siapa pun.

“Semua warga, termasuk kami punya potensi sama untuk terpapar. Apalagi kami yang sering berkontak dengan orang banyak saat bertugas,” imbuhnya.

Sementara itu, mengenai hal ini, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kodim 0735/Solo setelah mendapatkan kabar dari Satgas ada delapan penghuni rusun asmil terpapar Covid-19.

Baca Juga:  Hari ini Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Yulia

Koordinasi tersebut berkaitan dengan penanganan mulai dari perawatan delapan pasien di RSUD Bung Karno, tracing, hingga tes swab.

Pada hari Minggu (11/10/2020) kemarin, Rudy mengatakan, “Ada sejumlah orang dilakukan tes swab mulai Jumat kemarin. Kemungkinan hasil tes swab keluar besok Senin (hari ini)”.

Tags: , ,