Aturan Batas Umur Anak Kembali Diterapkan, Manajemen Pusat Belanja Solo Pasrah

Aturan Batas Umur Anak Kembali Diterapkan, Manajemen Pusat Belanja Solo Pasrah

Setelah ada pelonggaran aturan yakni anak usia lima tahun ke atas boleh ke mal selama dua pekan, kini aturan tersebut berubah lagi. Hanya anak usia 15 tahun ke atas yang boleh mengunjungi mal dan tempat publik lainnya.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2386 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Mengetahui itu, manajemen pusat perbelanjaan Kota Solo mengaku hanya bisa pasrah dengan berubahnya kembali aturan kriteria umur anak boleh masuk mal dan tempat publik.

Pada hari Senin (26/10/2020) kemarin, Veronica Lahji selaku Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) Solo menuturkan, “Kami ikuti aturan pemerintah saja”.

Baca Juga:  Tingkat Kunjungan Mal Fluktuatif, Pengelola Berharap Pemkot Bisa Tinjau Ulang SE

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa keluarnya aturan baru tersebut akan berdampak langsung terhadap trafik pengunjung mal.

Seperti yang terjadi di Solo Paragon Mall misalnya, jumlah pengunjung naik signifikan setelah adanya pelonggaran.

Angka kunjungan naik 100% saat akhir pekan, yaitu dari 4.000 menjadi 8.000 orang saat aturan anak boleh ke mal Solo dilonggarkan.

Pasalnya, banyak juga yang mulai menggelar event karena sudah bisa melibatkan anak-anak. Manajemen mal pun selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ni Wayan Ratrina -Public Relation Solo Grand Mall (SGM)- mengatakan bahwa manajemen jelas harus menaati aturan tersebut.

Menurut Ratrina, saat akhir pekan masa pandemi jumlah pengunjung tidak sampai 10.000 orang.

Baca Juga:  Mayoritas Peserta Didik Tak Punya Gadget, SD di Tlogolele Gelar PTM Terbatas

Setelah pelonggaran aturan anak lima tahun boleh masuk mal Solo, pengunjung bisa sampai 15.000-an orang.

Ratrina mengatakan, “Ya tetap harus ikuti aturan. Kami juga bingung mau bagaimana lagi. Kami sudah senang dengan regulasi sebelumnya yang hanya membatasi anak 5 tahun ke atas masuk mal. Ini pengaruhnya bagus, angka kunjungan naik drastis. Tapi kalau aturan baru seperti itu mau bagaimana lagi,” tandasnya.

Tags: , ,