Aturan Dilonggarkan, Jumlah Pengunjung TSTJ Naik Drastis

Aturan Dilonggarkan, Jumlah Pengunjung TSTJ Naik Drastis

Terkait langkah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang menerbitkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/205 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Solo, kini mulai berdampak positif bagi pengelola tempat wisata.

Dampak positif tersebut mulai dapat dirasakan oleh Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

TSTJ merasakan adanya kenaikan jumlah pengunjung yang mencapai angka 100 persen selama diberlakukan PPKM mikro tersebut.

Hal tersebut terjadi setelah ada kelonggaran terkait batasan pada anak usia 5 tahun ke atas yang kini diperbolehkan masuk mall, pasar tradisional, dan tempat wisata.

Pada hari Minggu (21/2/2021) kemarin, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso selaku Direktur Utama TSTJ mengatakan, “Ada kenaikan pengunjung di TSTJ (Solo Zoo) selama diberlakukan PPKM mikro di Solo”.

Baca Juga:  8 Pegawai Positif Covid-19, SMA Kebakkramat Lockdown

Bimo mengakui bahwa anak usia 5 tahun mulai banyak berdatangan di Solo Zoo setelah Pemkot Solo memperbolehkan bahwa anak dengan usia tersebut dapat masuk ke tempat wisata.

Seperti yang diketahui, pada aturan sebelumnya hanya anak usia 15 tahun yang boleh masuk tempat wisata, hal tersebut kemudian membuat Solo Zoo sepi.

Bimo menjelaskan, “Segmen Solo Zoo memang dari anak-anak. Pelonggaran aturan PPKM berdampak pada pengunjung TSTJ naik 100 persen”.

Direktur Utama TSTJ itu juga menuturkan bahwa sebelum ada ada pelonggaran pengunjung Solo Zoo hanya 20-25 orang/hari.

Sedangkan saat ini rata-rata pengunjung mencapai 50 orang/hari.

“Kendati mengalami kenaikan, kami belum menentukan target angka kunjungan untuk tahun ini,” terangnya.

Baca Juga:  KAI Commuter Terbitkan Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo

Ia juga menjelaskan bahwa pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 30 persen atau maksimum 1.200 pengunjung masih diberlakukan.

Hal tersebut sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan.

Tags: , ,