Awas, Inilah 3 Situs Bodong Kartu Prakerja Gelombang 12

Awas, Inilah 3 Situs Bodong Kartu Prakerja Gelombang 12

Untuk informasi, Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 pada Selasa (23/2/2021).

Pada hari Selasa (23/2/2021), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan, “Bismillah, maka program Kartu Prakerja tahun 2021 atau gelombang 12 ini saya nyatakan dibuka”.

Namun, situs-situs palsu soal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 masih banyak beredar.

Banyak cara yang digunakan sang pembuat situs palsu tersebut untuk menyebarkan alat situs palsunya agar dikunjungi orang, terutama melalui pesan berantai di WhatsApp.

Berikut daftar situs-situs palsu Kartu Prakerja:

1. kartu-prakerja.com

Adapun alamat situs-situs bodong Prakerja yang pertama kali muncul ketika pendaftaran ke-12 dibuka ialah kartu-prakerja.com. Alamat situs itu beredar di media sosial Twitter. Situs tersebut sudah dapat dipastikan palsu karena menggunakan domain .com, bukan .go.id.

Baca Juga:  Soal Lanjutan Proyek Masjid Sriwedari, Ini Penjelasan Gibran

Situs tersebut mengharuskan pengunjung mengisi nama dan nomor ponsel untuk mendaftar. Kemudian, pendaftar diminta menyebarkan informasi pendaftaran di situs palsu tersebut melalui WhatsApp kepada minimal 5 grup atau 20 teman.

2. dashboard.prakerja12.info/

Ada juga pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang mengajak masyarakat mendaftar Kartu Prakerja di situs palsu seperti https://dashboard.prakerja12.info/ dan https://dashboard.prakerja12.xyz/.

Pada 18 Januari 2021 silam, akun Instagram resmi Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id juga sudah mengimbau masyarakat agar tidak terkecoh dengan situs-situs palsu.

Para calon pendaftar Kartu Prakerja gelombang 12 diminta untuk tidak memberikan data pribadi, seperti NIK, KK, nomor HP, alamat email atau data lainnya pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  UMKM Dapat Keringanan Terkait Pembayaran Royalti Lagu dan Musik

3. prakerja.vip

Media sosial juga pernah ramai tentang informasi yang berisi ajakan melakukan pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs palsu prakerja.vip.

Hal ini terjadi pada sekitar bulan Oktober 2020 silam. Pesan berantai terkait situs palsu Kartu Prakerja itu juga beredar di WhatsApp.

Seperti yang diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 hanya dapat dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id.

Tags: , ,