Bagaimana Nasib Pegawai 18 Lembaga Yang Akan Dibubarkan?

Bagaimana Nasib Pegawai 18 Lembaga Yang Akan Dibubarkan?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa akan ada perampingan lembaga dan komisi negara dalam waktu dekat. Setidaknya 18 lembaga dan komisi negara akan dirampingkan.

Wacana pembubaran institusi yang sebenarnya tidak utarakan untuk pertama kalinya oleh Jokowi. Pada rapat kabinet paripurna pada 18 Juni, Jokowi mengancam akan membubarkan beberapa institusi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan segera menyerahkan daftar lembaga yang siap dibubarkan dalam waktu dekat ke Sekretariat Kementerian Negara.

Jadi apa yang akan terjadi pada karyawan di 18 institusi tersebut jika benar-benar dibubarkan?

“Pegawai, staf kan tidak banyak. Kan ada mekanismenya,” kata MenPANRB Tjahjo Kumolo, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga:  Jokowi Sebut Kasus Aktif dan Kesembuhan Covid-19 Memburuk Semuanya

Tjahjo menjelaskan saat ini otoritas kepegawaian tengah menyusun dasar pertimbangan pembubaran lembaga-lembaga tersebut. Adapun hasil kajian yang dilakukan akan segera diserahkan kepada Kemensetneg untuk ditindaklanjuti.

“Dasar pertimbangan segera detailnya kami sampaikan kepada Mensesneg dan Setneg yang memutuskan tahapan-tahapannya,” katanya.

Tjahjo menjelaskan pembubaran lembaga tidak bisa begitu saja dilakukan secara sekaligus. Pasalnya, tidak semua lembaga dibentuk dengan produk hukum yang sama, sehingga perlu pembahasan lebih lanjut.

“Karena lembaga tersebut ada yang UU dan harus revisi UU perlu proses dengan DPR. Yang Keppres, PP, Perpres, bisa cepat,” katanya.

Jadi institusi mana yang akan dibubarkan? Tjahjo tidak merinci secara rinci lembaga yang akan dibubarkan. Namun, pemerintah mengklaim telah mengantongi sejumlah lembaga yang siap dibubarkan.

Tags: , , ,