Bagi Warga Luar Solo yang Tak Pakai Masker, Sanksi Akan Ditambah

Bagi Warga Luar Solo yang Tak Pakai Masker, Sanksi Akan Ditambah

Bagi warga luar kota Solo yang terjaring operasi yustisi karena tak pakai masker atau memakai masker tapi tidak benar, Pemkot Solo akan menambah sanksi.

FX Hadi Rudyatmo -Wali Kota Solo- menegaskan bahwa penambahan sanksi tersebut berdasarkan hasil operasi yustisi Tim Cipta Kondisi yang mendapati 60 persen pelanggar protokol kesehatan ternyata warga dari luar Solo.

Maka dari itu, pihaknya akan menambah durasi sanksi bagi warga luar daerah yang terjaring operasi yustisi dan sanksinya yakni membersihkan saluran drainase atau sungai dari sampah.

Pada hari Senin (28/9/2020) lalu, Rudi sapaan akrab Wali Kota Solo, mengatakan, “Hasil operasi yustisi masker, 60 persen pelanggarnya dari luar daerah dan 40 persen pelanggarnya adalah warga Solo. Jadi nanti sanksinya kami bedakan. Dalam kota (durasi sanksi) tetap 15 menit dan luar kota 30 menit”.

Untuk durasi sanksi bagi warga yang tak pakai masker baik asli warga Solo maupun luar Solo ini berlaku kelipatan.

Tertangkap sekali dalam razia masker berarti kena sanksi membersihkan saluran drainase atau sungai 15 menit atau 30 menit.

Namun, jika tertangkap dua kali dalam razia masker tersebut maka durasi sanksinya 30 menit atau 1 jam.

Rudy menambahkan, “Mohon perhatian ya, karena pendataan dari KTP mereka, ada yang dari Sragen, Karanganyar, dan sebagainya”.

Pihaknya menjelaskan bahwa penentuan durasi sanksi bagi warga yang tak pakai masker tersebut menjadi kewenangan Tim Cipta Kondisi Solo dengan menyesuaikan kondisi lapangan dan pelaksanaannya lebih fleksibel.

Sementara itu, Didik Anggono selaku Sekretaris Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo menyampaikan bahwa sanksi tersebut sebenarnya tidak bertujuan membedakan antara warga Solo dan warga luar daerah. Tetapi, untuk memberi batasan maksimal hukuman selama 30 menit.

Baca Juga:  Hotel Bintang 4 dengan Pemandangan Kampung Batik Sudah Dibuka

“Kami mengusulkan hukuman sanksi sosial membersihkan sungai itu maksimal 30 menit, baik warga Solo maupun luar daerah. Itu nanti kami tentukan sesuai kondisi lapangan. Pelaksanaannya tetap fleksibel. Nah, 30 menit itu pelanggaran pertama, kemudian kalau kedapatan melanggar kali kedua, ya durasinya jadi dua kali lipat, bisa saja,” tambah Didik.

Tags: , ,