Balap Lari Liar di Cemani Dibubarkan Oleh Aparat dan Perangkat Desa

Balap Lari Liar di Cemani Dibubarkan Oleh Aparat

Aparat Polsek Grogol membubarkan kerumunan massa yang sedang mengadakan balap lari liar di Jalan Batik Keris, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 23.25 WIB.

Pembubaran dilakukan setelah adanya keluhan dari masyarakat sekitar dan kepala desa Cemani tentang penyelenggaraan balap lari liar yang berjarak 100 meter itu.

“Kita dapat laporan bahwa ada kejadian kerumunan warga yang tidak memperhatikan social dan physical distancing di sekitaran perempatan Batik Keris,” kata Bhabinkamtibnas Grogol, Aiptu Nurdadi ketika dimintai keterangan.

Sebanyak tiga anggota Polsek Grogol diberangkatkan ke lokasi balapan lari jalanan bersama beberapa perangkat Desa Cemani.

Kedatangan mereka mengejutkan ratusan anak muda yang sedang asyik dengan hiruk pikuk persaingan adu kecapatan itu. Sehingga, mereka langsung berhamburan kalang kabut untuk meloloskan diri dari kejaran polisi.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

“Ajang ini tidak boleh karena menutup kepentingan umum. Ada pasalnya. Maka, kita laksanakan pembubaran,” ujar Nurdadi.

Pelaksanaan balap lari liar dapat berpotensi untuk melanggar Pasal 12 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Dalam pasal ini menyatakan: ‘setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan’.

Pelanggar bakal dikenakan sanksi pidana hukuman penjara paling lama 18 bulan atau denda paling banyak Rp 1,5 miliar berdasar Pasal 63.

“Karena ini masih anak-anak. Sementara belum ada. Kita imbau bubar dulu,” ucap Nurdadi.

Incoming search terms:

  • liar liar in aparat
Tags: , ,