Bandara Adi Soemarmo Layani Tes GeNose Mulai 29 April 2021

Bandara Adi Soemarmo Layani Tes GeNose Mulai 29 April 2021

Mulai hari Kamis (29/4/2021) mendatang, Bandara Adi Soemarmo, Solo melayani tes GeNose Covid-19 untuk para penumpang.

Pada hari Jumat (16/4/2021) kemarin, Riyaman selaku Airport Operation, Services & Security Senior Manager Bandara Adi Soemarmo mengatakan, “Kami merencanakan tanggal 29 April (2021), pelaksanaan GeNose dimulai”.

Pihaknya berharap, tanggal 23 April mendatang, semua persiapan, peralatan dan kebutuhan untuk pelaksanaan tes Covid-19 menggunakan alat GeNose tersebut sudah tersedia di bandara Adi Soemarmo, yang berlokasi di wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali tersebut.

Riyaman menambahkan, pelaksanaan tes GeNose akan ditangani oleh Angkasa Pura Support yang notabene anak perusahaan Angkasa Pura.

Ia menyampaikan, “Sesuai aturan dari Kementerian Perhubungan, syarat penumpang pesawat boleh memakai tes GeNose. Kami berharap persiapan alat dan sebagainya sudah tersedia pada 23 April 2021. Jadi sebelum dibuka, nanti kami trial dulu pada 27-28 April 2021″.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

Ia juga menambahkan, pelayanan tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo ini menyusul dua bandara lain yang lebih di lingkup AP I yang telah mengadakan tes tersebut, yakni Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Untuk harga, kemungkinan akan sama dengan di bandara lain, yang sudah menerapkan GeNose, seperti di bandara Surabaya dan Yogyakarta International Airport (YIA).

Di sana, kata Riyaman harga untuk tes GeNose sebesar Rp 40.000.

“Saya kira sama,” tegasnya.

Menurutnya, tes GeNose sementara ini hanya melayani untuk calon penumpang pesawat terbang yang sudah memegang tiket.

Untuk lokasi pemeriksaan virus Covid-19 bagi calon penumpang pesawat tersebut yaitu di tempat parkir sepeda motor. Ia menambahkan, meskipun disediakan alat tes GeNose , tetapi pihaknya juga masih tetap menyedikan tes rapid antigen.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

Sehingga para calon penumpang pesawat nantinya bisa memilih untuk tes Covid-19 yang merupakan syarat untuk melakukan perjalanan melalui jalur udara tersebut.

Di samping itu, pada persiapan mudik Lebaran, manajemen AP I Bandara Adi Soemarmo mengaku siap. Namun demikian, adanya larangan mudik dari pemerintah membuat manajemen juga belum tahu apakah mesti menyiapkan Posko Lebaran seperti tahun-tahun biasanya. Dalam hal ini, pihaknya belum ada arahan dari manajemen AP I pusat.

Tags: , ,