Banyak Petinggi Partai Merapat ke Gibran, Apa Respons PDI-P?

Bambang Kusriyanto selaku Sekretaris DPD PDI-P Jawa Tengah

Seperti yang diketahui, sejumlah tokoh petinggi partai politik berkunjung ke Solo untuk bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Tokoh petinggi partai itu diantaranya adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah. Juga Sekjen partai Gerindra Ahmad Muzani.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah turut angkat bicara dan menyikapi terkait langkah dari sejumlah partai politik untuk mendorong Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Bambang Kusriyanto selaku Sekretaris DPD PDI-P Jawa Tengah mengaku tidak mempersoalkan terkait pertemuan dan dorongan dari sejumlah partai tersebut.

Baca Juga:  Proyek Masjid Kado Pangeran Arab Belum Mulai, Ini Penjelasan Gibran

Tetapi, PDI-P hingga saat ini belum memutuskan sikap terkait karir politik Gibran selanjutnya.

Pada hari Senin (29/3/2021) kemarin, Bambang menuturkan, “Ya monggo saja kalau mendukung, tapi yang pasti PDI Perjuangan belum memutuskan”.

Bambang menyebut bahwa terlalu dini mendorong Gibran untuk maju di Pilkada DKI Jakarta pada saat ini.

Ditambah lagi, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut juga baru saja dilantik sebagai wali kota dan masih banyak yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah di Solo.

“Kan baru dilantik sekitar satu bulan, kerja jadi wali kota juga belum lama, jangan dulu ditarik-tarik ke DKI”, kata Bambang.

Mengenai sikap PDI-P dalam menentukan seseorang maju dalam Pilkada, ada sejumlah tahapan dan indikator yang harus dipenuhi.

Baca Juga:  Sejumlah Negara Dilanda Gelombang Ketiga Corona, Airlangga: Covid-19 Belum Selesai

Bambang menjelaskan, “Ukurannya jelas, harus ada penilaian apalagi yang diajukan juga kepala daerah. Ada penilaian indikator kerja atau keberhasilan, elektabilitas, popularitas”.

Pada kesempatan lain, Gibran juga menegaskan bahwa dirinya belum tertarik untuk membahas Pilkada DKI Jakarta. Pasalnya, masih banyak yang harus dilakukan untuk penataan Kota Solo.

Pada hari Rabu (24/3/2021) lalu, Gibran mengatakan, “Saya nyelesain yang di Solo dulu. Urusan DKI ya nanti aja. Ngurus yang di Solo dulu aja”.

Tags: , ,