Batas Waktu Pembaruan WhatsApp 15 Mei, Awas Diblokir!

Batas Waktu Pembaruan WhatsApp 15 Mei, Awas Diblokir!

Kebijakan privasi baru aplikasi pesan WhatsApp akan diberlakukan pada 15 Mei 2021.

Aplikasi perpesanan paling populer itu mengungkapkan bahwa secara bertahap akan memblokir pengguna yang tidak menyetujui pembaruan tersebut, dan tidak diketahui pasti apa yang terjadi selanjutnya.

Mengutip dari Forbes pada hari Sabtu (1/5/2021) lalu, pembaruan kebijakan tersebut pertama kali muncul pada Januari 2021 lalu.

Kemudian muncul pro dan kontra yang membuat sebagian besar pengguna beralih menggunakan aplikasi pesan lainnya, dan menunda pembaruan hingga Mei.

Kini, bulan Mei telah tiba dan waktu pengguna aplikasi WhatsApp itu hampir habis.

Semua pengguna yang mengabaikan peringatan sebelumnya akan diperingatkan kembali.

Para pengguna harus menanggapi hal mengenai pembaruan kebijakan tersebut dengan serius. Pasalnya, nampaknya akun akan benar-benar akan diblokir kali ini dan tidak akan ada pengulangan kemunduran waktu seperti yang terjadi pada Februari.

Waktu kuncinya yakni 15 Mei 2021 mendatang. Jika pengguna belum menerima pembaruan wajib saat itu, aplikasi akan berubah dan pengguna akan kehilangan akses ke layanan pesannya.

WhatsApp kemungkinan akan memberi tahu ketika pengguna menerima pesan baru, meskipun tidak akan dapat membaca atau membalasnya.

Pengguna yang tidak menyetujui persyaratan yang diperbarui mulai melihat peringatan dalam aplikasi bahwa ini “berlaku pada 15 Mei”, dan pengguna harus menerima persyaratan “untuk terus menggunakan WhatsApp setelah tanggal ini”.

WhatsApp mengonfirmasi mulai memperingatkan para penggunanya bahwa tenggat masa pembaruan semakin dekat.

Dilaporkan Techcrunch, WhatsApp mengatakan tidak akan menghapus akun pengguna jika tidak menyetujui kebijakan baru sebelum 15 Mei 2021. Tetapi, pengguna tidak akan memiliki fungsionalitas penuh dari WhatsApp sampai penggunanya itu sendiri menerima pembaruan tersebut.

WhatsApp menargetkan 2 miliar penggunanya untuk tetap tenang sekaligus meyakinkan bahwa tidak ada penjualan data setelah pembaruan dilakukan.

Pesan tetap terenkripsi end-to-end, platform meyakinkan, sambil menjelaskan pembaruan itu memungkinkan pelanggan bisnis Facebook untuk mengobrol dengan pelanggan mereka sendiri melalui WhatsApp.

Tags: , ,