Belasan Sumur di Klaten Amblas

Belasan Sumur di Klaten Amblas

Dalam 10 hari terakhir, tercatat ada sebanyak 12 sumur milik warga di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten amblas.

Diketahui, sumur-sumur tersebut alami amblas mulai pada Minggu (7/2/2021) hingga Rabu (17/2/2021).

Pada hari Rabu (17/2/2021), Kades Jungakare Kecamatan Karanganom, Wakhid Muchsin menjelaskan, “Kejadian-kejadian itu sudah dua Minggu lalu. Tapi tidak bersamaan mulai Minggu yang lalu terus tambah sampai hari ini”.

Muchsin menyampaikan bahwa dari data sementara ada 12 sumur yang ambles di daerahnya. Delapan di antaranya, kata Muchsin, kondisi tanahnya sudah ambles dan empat lainnya sudah menunjukkan tanda retak-retak.

“Jumlah sekitar 12 sumur. Delapan sudah runtuh tanah dan bangunannya sedangkan empat masih gejala retak”, ungkapnya.

Baca Juga:  Kaesang Janjikan Bintang Piala Menpora Untuk Persis Solo

Atas kejadian itu, terang Muchsin, pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan BPBD Pemkab Klaten untuk mengecek dan mendata.

“Sementara diurug dengan tanah untuk sementara ya. Kalau tidak diurug nanti menganga membahayakan anak-anak dan masyarakat sekitarnya,” ungkap Muchsin.

Sementara itu, Sri Yuwana Haris Yulianta selaku Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menjelaskan bahwa amblasnya sumur-sumur tersebut membuat warga kesulitan mendapat air bersih.

Pada hari Rabu (17/2/2021) kemarin, Sri menuturkan, “Sekarang untuk sementara waktu mengambil air di rumah tetangga”.

Ia menyebut bahwa penyebab sumur amblas karena Klaten diguyur hujan deras.

“Derasnya hujan membuat tanah amblas,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, kejadian tersebut baru pertama kali terjadi di Klaten.

Tags: , ,