Berbekal Sound Meter, Kini Satlantas Solo Makin Gencar Sikat Knalpot Brong

Satlantas Polresta Solo menggelar razia knalpot brong di Jalan Slamet Riyadi, Minggu (25/7) malam. Dalam razia yang melibatkan berbagai pihak ini berhasil mengamankan puluhan sepeda motor dengan knalpot brong yang melebihi ambang batas suara.

“Total ada sebanyak 22 kendaraan yang kami amankan,” terang Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian Satya Permadi kepada wartawan, Minggu (26/7).

Dikatakan, pihaknya menggandeng pihak terkait mulai dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) 4/IV Surakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo hingga akademisi. Upaya ini dilakukan, agar masyarakat yang melakukan pelanggaran tidak dapat berkelit lantaran telah menggunakan knalpot brong.

“Selama ini, banyak masukan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan suara knalpot bising ini. Maka dari itu, kami juga menggandeng dari pihak akademisi UNS untuk menghitung tingkat kebisingan kendaraan ini,”

Baca Juga:  Pasangan Bajo Akan Bangun Sektor Pariwisata Bernuansa Keraton

Hasilnya, ada sebanyak 22 kendaraan yang diamankan lantaran melebihi ambang batas yang diizinkan.

“Dengan menggunakan alat sound meter ini dapat diketahui, berapa ambang batas suara knalpot yang diizinkan. Jika melebihi itu, maka akan kami amankan,” ungkap Afrian.

Disinggung bagaimana cara pemilik untuk mengambil kendaraan mereka, Afrian mengatakan, pemilik kendaraan harus membawa knalpot standar mereka berikut surat kendaraan.

“Silakan sekalian diganti di sini, untuk knalpot brong tetap kami sita untuk dimusnahkan,” tegasnya.

Pihaknya berharap, upaya tegas yang dilakukan ini mampu mengurangi tingkat penggunaan knalpot brong yang digunakan masyarakat khususnya di kalangan anak muda.

Tags: , ,