Berkeliling Karanganyar dengan Bus Cafe, Wisatawan Bisa Sambil Ngopi

Berkeliling Karanganyar dengan Bus Cafe, Wisatawan Bisa Sambil Ngopi

Melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Pemerintah Kabupaten Karanganyar menggandeng kerjasama dengan pihak swasta, meluncurkan wisata baru Cafe In The Bus.

Cafe In The Bus sendiri menawarkan paket berwisata keliling Karanganyar sambil menikmati kopi dan snack.

Pada hari Minggu (12/7/2020) kemarin, Titis Jawoto -Kepala Disparpora Karanganyar- mengatakan, “Operasional Bus Cafe ini, sepenuhnya dilakukan oleh komunitas ekonomi kreatif (Ekraf) Karanganyar”.

Menurutnya, bus cafe ini merupakan salah satu terobosan untuk lebih mengenalkan potensi Ekraf di Karanganyar.

Titis menjelaskan, bus cafe yang beroperasi di wilayah Karanganyar ini, kemasannya berbeda dengan bus cafe yang ada dan telah beroperasi sebelumnya.

Ia menambahkan, “Kita tidak latah dan ikut-ikutan. Karena Ekraf yang menggerakkan. Maka titik beratnya bukan di bus cafe itu, tapi justru di jalur yang dilalui oleh bus, terutama di pusat ekonomi kreatif milik warga. Seperti di pasar jadul, serta sejumlah pusat ekonomi kerakyatan lainnya”.

Cafe in the Bus mampu menampung 28 penumpang dengan kursi yang berhadapan serta menggunakan meja sebagai tempat disajikannya menu kopi dan makanan ringan (snack).

“Ini akan kita kembangkan terus sebagai salah satu alternatif berwisata dengan konsep yang berbeda,” imbuh Titis.

Jadwal operasi armada ini mulai hari Jumat sampai Minggu. Namun, untuk hari Senin-Kamis bus ini ditawarkan kepada masyarakat yang akan memanfaatkannya untuk keperluan pertemuan atau rapat.

Sedangan untuk harga tiket, Titis menjelaskan, Rp 50 ribu untuk jarak dekat dengan rute Karanganyar kota, Matesih dan Karangpandan serta Rp 100 ribu untuk rute menuju lokasi pembuatan getuk take yang berada di Tawangmangu.

Tags: , ,