Bermunculan Klaster Keluarga di Boyolali

Bermunculan Klaster Keluarga di Boyolali

Pada hari Senin (5/10/2020) ini, Ratri S. Survivalina -Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali- menyampaikan bahwa dalam sepekan terakhir muncul klaster keluarga di Kabupaten Boyolali.

Pihaknya menyebut bahwa saat ini muncul dua klaster baru yang merupakan klaster keluarga.

Ratri menuturkan, “Klaster baru yang muncul saat ini kebanyakan klaster-klater keluarga. Jadi ada anggota keluarga OTG menularkan ke anggota keluarga lain, sehingga muncul klaster keluarga baru”.

Dua klaster keluarga di Boyolali yang baru muncul belum lama ini yakni klaster SYR dari Pandean, Ngemplak, dan klaster SMR dari Selodoko, Ampel. Untuk klaster SYR tercatat ada enam kasus dan klaster SMR ada lima kasus.

Kasus dari klaster Klinik Mila Husada Boyolali juga mengalami penambahan. Dari sebelumnya kasus yang muncul dari klaster tersebut sebanyak empat kasus. Namun saat ini tercatat ada 11 kasus dari klaster tersebut.

Baca Juga:  Pembangunan Pasar Legi Solo Rampung Setahun Lagi

Ratri menjelaskan bahwa sejak pertama ditemukan kasus dari klaster Klinik Mila Husada, pihaknya langsung melakukan pelacakan kontak erat dari kasus yang ada dan total ada 47 orang yang menjalani swab.

“Ada 47 orang yang menjalani swab. Dari jumlah itu yang terdeteksi positif ada 17 orang. Namun yang berdomisili di Boyolali hanya 11 orang. Enam orang lainnya adalah warga yang berdomisili di luar Boyolali,” ujar Ratri.

Kasus pada klaster Klinik Mila Husada tersebut menyasar dari kalangan perawat, petugas administrasi, bidan dan petugas parkir.

Ratri menambahkan, untuk data terbaru di Boyolali, dari tanggal 30 September hingga 5 Oktober sudah ada tambahan kasus Covid 19 sebanyak 52 kasus. Kasus tersebut tersebar di 16 kecamatan.

Baca Juga:  Angka Kasus Covid-19 Solo Tembus 1.007 Orang

Untuk domisili di antaranya yakni Kecamatan Ampel, Andong, Banyudono, Boyolali, Cepogo, Gladagsari, Karanggede, Kemusu, Mojosongo, Ngemplak, Nogosari, Sambi, Sawit, Simo, Teras dan Wonosamodro.

Dengan demikian, hingga hari Senin (5/10/2020) ini, total kasus konfirmasi Covid 19 di Boyolali tercatat ada 868 kasus. Dengan rincian 82 kasus dirawat, 59 kasus isolasi mandiri, 694 kasus selesai isolasi dan 33 kasus meninggal.

Tags: , ,