Bijaksana Mengguggah Video di Channel Youtube Pribadi

youtube

Solo, SOLORAYA.ID – Youtober menjadi profesi yang menjadi primadona bagi generasi generasi-Z (seseorang yang lahir di rentang tahun 1998-2010) khususnya. Kesuksesan para youtuber di Indonesia menjadi bagian faktor pendukung karena generasi-Z menyaksikan sendiri kehidupan mereka lewat youtobe dari gadget mereka dari berbagai tempat.

Saat ini memiliki akun channel youtube pribadi tidak hal sulit dilakukan, karena pendaftaran dapat dilakukan seseorang secara gratis dan tidak memiliki persyaratan yang sulit, seperti pertama kali anda belajar mengendarai mobil, hanya menggunakan jemari anak anda lewat komputer atau smartphone yang terkoneksi internet, akun bisa terdaftar.

Namun, perlu dipahami bahwa mengunggah video ke youtube lewat akun pribadi yang telah didaftar harus bijaksana. Mengapa? Karena jika video yang anda uploap bukan hasil karya anda, tapi hasil karya orang lain, seseorang bisa dituduh melakukan pelanggaran hak cipta.

Dalam UU No.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, disebutkan bahwa hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:  Pimpinan KPK Buka Suara Terkait Mobil Dinas

Hak ekslusif dalam Hak Cipta terdiri dari Hak Moral dan Hak Ekonomi pencipta. Hak moral menurut Pasal 5 UUHC adalah merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri Pencipta untuk:

(1) tetap mencantumkan atau tidak mencantumkan namanya pada salinan sehubungan dengan pemakaian ciptaannya untuk umum.

(2) menggunakan nama aliasnya atau samarannya.

(3) mengubah ciptaannya sesuai dengan kepatutan dalam masyarakat.

(4) mengubah judul dan anak judul ciptaan.

(5) mempertahankan haknya dalam hal terjadi distorsi ciptaan, mutilasi ciptaan, modifikasi ciptaan, atau hal yang bersifat merugikan kehormatan diri atau reputasinya.

Hak moral tidak dapat dialihkan selama pencipta masih hidup, tetapi pelaksanaan hak tersebut dapat dialihkan dengan wasiat atau sebab lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah pencipta meninggal dunia. Sedangkan, Hak Ekonomi pencipta menurut Pasal 8 UUHC merupakan hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaan.

Baca Juga:  Satpol PP Karanganyar Klaim Kesadaran Mengenakan Masker Meningkat

Setelah membaca dan memahami yang diatur dalam undang-undang tersebut, para reposter video di akun youtube pribadi maupun perusahaan yang telah berbadan hukum, jika mengambil video, gambar, dan suara tanpa membuat clearance atau meminta izin, telah melanggar undang-undang.

Para youtuber yang ingin sukses tentunya harus memiliki konten video yang memotivasi, menginspirasi, mengedukasi, membawa perdamaian, dan hal positif lainnya bagi yang menonton.

Supaya bisa menjadi youtuber yang sukses dan tidak bermasalah hukum, maka jadilah pembuat konten yang kreatif tanpa plagiat. **

Tags: , ,