Biografi Habib Hasan Mulachela

Biografi Habib Hasan Mulachela

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada hari Jumat (12/3/2021) pagi tadi, salah satu tokoh Solo yakni Habib Hasan Mulachela dikabarkan meninggal dunia di Jakarta.

Informasi tersebut diketahui pertama kali melalui voicenote yang dikirimkan salah satu putri Habib Hasan, Kareema Mulachela di grup WhatsApp.

Kareema mengungkapkan, “Teman-teman ayah sudah nggak ada. Habib Hasan meninggal dunia tadi sekitar pukul 06.56 WIB. Ini saya masih di Jakarta”.

Menurutnya, sang ayah sudah berjuang sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Sesuai rencananya, jenazah Habib Hasan akan dibawa ke rumah duka siang ini dari Jakarta ke kediamannya di Kecamatam Pasar Kliwon, Kota Solo

Sosok Habib Hasan termasuk tokoh yang terkenal di Kota Solo, baik di kalangan orang biasa maupun di kalangan lintas agama.

Baca Juga:  Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Habib Hasan Mulachela lahir di Kota Solo, pada 7 Juli 1957.

Salah satu yang menjadikan ia diingat oleh khalayak adalah soal ia yang gemar mengeluarkan uang dari kantong pribadi untuk membeli sembako dan membagikan uang untuk warga miskin.

Bahkan Habib Hasan Mulachela pernah mengaku kaget karena masih ada warga Kota Solo yang tidak mampu membeli beras.

Hal tersebut ia ungkapkan saat aksi sosial bagi-bagi beras di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo pada hari Kamis (31/12/2020) silam.

Saat itu ia menuturkan, “Saya miris, masih ada warga yang kesusahan karena tidak bisa makan”.

“Tadi saya menemukan warga yang masih makan nasi aking”, ungkapnya.

Baca Juga:  Tak Hanya Ketemu Gibran, Anindya Bakrie Juga Pantau Seleksi Pemain Persis Solo

Ia berharap bisa memberikan harapan baru dan menolong warga tersebut.

Habib Hasan juga yang mengantarkan Gibran Rakabuming mendaftarkan diri sebagai cawali Solo di DPD PDIP Jateng tahun 2019 lalu. Ketika itu masa-masa awal pergerakan Gibran terjun di dunia politik sebagai kader PDIP.

Sedari awal ia memang mendukung Gibran untuk terjun ke dunia politik dengan mengikuti Pilkada Solo 2020. Dia menyebut bila bahwa Gibran menjadi Wali Kota Solo yang akan diuntungkan orang Solo. “Sing Bejo Wong Solo,” ujar dia ketika itu.

Tags: , ,