Bioskop di Solo Boleh Operasi, Kapan Dibuka?

Bioskop di Solo Boleh Operasi, Kapan Dibuka?

Setelah dikabarkan boleh beroperasi, tetapi hingga saat ini belum ada gedung bioskop di Solo yang sudah buka.

Seperti yang diketahui, hanya gedung bioskop XXI Solo Paragon Mall yang sudah ditinjau oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Solo.

Pada hari Minggu (14/3/2021) kemarin, Bambang Rahmat Widodo selaku Area Manager XXI Jateng mengatakan, “Kemarin sudah dicek kesiapan protokol kesehatan kami. Kalau kami sebetulnya sudah 100 persen siap. Tinggal menunggu izin dari gugus tugas saja”.

Mengenai jumlah gedung dan film yang diputar, Bambang mengaku masih harus berkoordinasi dengan pengelola di pusat.

Tetapi, ia memastikan akan menyesuaikan Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo terkait penanganan Covid-19.

“Yang jelas nanti pukul 21.00 WIB sudah harus tutup. Kalau berapa gedung yang akan dibuka, berapa show yang akan tampil, itu masih koordinasi dengan pusat”, jelasnya.

Terkait teknis penerapan protokol kesehatan, pengelola memastikan bahwa kapasitas gedung dibatasi 50 persen.

Pada kursi yang dilarang dipakai akan dipasangi tanda garis yang bisa menyala meski lampu dimatikan.

“Untuk menghindari keramaian, penonton diminta membeli tiket lewat online. Nanti penonton bisa memindai barcode di luar bioskop”, ungkapnya.

Sementara itu, Ahyani selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Solo menyampaikan bahwa timnya telah melakukan supervisi.

“Kemarin sudah disupervisi, nanti dicek dulu hasilnya. Tapi yang jelas kalau sudah dapat izin langsung bisa operasi”, katanya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan membuka kembali bioskop hingga gedung wayang orang dan ketoprak yang sempat tutup imbas pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Gibran usai memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama sejumlah kepala dinas, Kapolresta Solo dan Dandim 0735/Solo. Rapat digelar di ruang Manganti Praja, kompleks Balai Kota Solo. Ada tiga gedung bioskop yang ada di Kota Solo, yakni Solo Paragon Mall, Solo Square dan Solo Grand Mall.

“Kita usahakan agar bioskop bisa dibuka. Tapi dengan pembekalan dari Gugus Tugas Covid-19. Termasuk pula wayang orang, ketoprak,” kata Gibran usai rapat koordinasi, hari Senin (8/3/2021).

Tags: , ,