Black Box CVR Sriwijaya SJ 182 Ditemukan

Black Box CVR Sriwijaya SJ 182 Ditemukan

Bagian kotak hitam atau black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada hari Sabtu (9/1/2021) lalu kini telah ditemukan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginformasikan mengenai hal itu.

Pada hari Rabu (31/3/2021), Adita Irawati selaku Juru Bicara Kementerian Perhubungan mengatakan, “Sudah ditemukan CVR”.

Namun, Adita tak menjelaskan dengan rinci terkait waktu penemuan dan hasil kajian data dari CVR Sriwijaya SJ 182 itu.

“Nanti diumumkan,” tegasnya.

Ia meminta publik menunggu penjelasan lengkap dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

CVR yang merupakan bagian dari kotak hitam pesawat ini merupakan komponen penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan udara yang dialami Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182.

Baca Juga:  Semua Moda Transportasi Dilarang Beroperasi Pada Mudik Lebaran 6-17 Mei 2021

Data tersebut sangat signifikan untuk proses investigasi penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182.

Adapun sebelumnya KNKT telah memperoleh black box berisi flight data recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan pada hari Selasa (12/1/2021) lalu.

Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Walaupun disebut kotak hitam, nyatanya black box dibalut warna yang terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Black box terdiri dari dua kombinasi perangkat yaitu CVR (Cockpit Voice Recorder) atau percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR (Flight Data Recorder) atau rekaman data penerbangan.

Baca Juga:  UMKM Dapat Keringanan Terkait Pembayaran Royalti Lagu dan Musik

Untuk informasi, pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).

Pesawat tersebut mengangkut 62 orang yang terdiri dari 6 kru aktif, 46 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.

Tags: , ,