Blokir Netflix Dibuka, Ada Kaitannya Dengan Ultah Telkom?

Momen Ultah Telkom. Blokir Netflix Dibuka

Penantian kapan Telkomsel untuk membuka blokir Netflix akan segera berakhir. Tidak menutup kemungkinan bahwa ini terjadi berdekatan dengan momentum ulang tahun Telkom.
Ya, pada 6 Juli kemarin, perusahaan milik negara ini berusia 55 tahun. Mungkin ada kejutan dalam bentuk hadiah yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas mengakses Netflix. Tanda-tandanya memang sudah cukup jelas.

Pengamat gadget, Herry SW berpikir bahwa hari ini akses ke Netflix akan dibuka oleh Telkom. “Kalau tidak ada perubahan rencana, blokir grup Telkom atas Netflix berakhir pada hari ini,” tulisnya di Twitter.

Rupanya, ia berhasil mendapatkan tangkapan layar yang diduga diambil dari tweet IndiHome, bahwa pada 7 Juli akses ke Netflix dibuka. Tweet ini telah dihapus

Telkom telah beberapa kali memberi sinyal akses ke Netflix tinggal menunggu waktu. Februari lalu, Siti Choiriana, yang saat itu masih menjabat Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, mengatakan bahwa kedua belah pihak terus berkomunikasi untuk memungkinkan pembentukan kerjasama.

Baca Juga:  Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin, Apa Komentar Gibran?

“Sampai saat ini kami masih intens untuk bicara dan belum ada titik temu nih. Tapi, mudah-mudahan dalam waktu dekat ketemu titik temunya. Kami pasti buka, jadi tenang aja,” sambungnya.

Kemudian pada pertengahan Juni, giliran Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan komunikasi antara kedua belah pihak masih terus berlangsung.

“Terkait Netflix, saat ini kami masih terus berdiskusi dengan Netflix dan Insya Allah bisa menutup gap yang ada,” ujar Ririek kala itu.

Ririek menjelaskan poin persoalan yang dihadapi penyedia layanan video on demand asal Amerika Serikat (AS) itu ada soal kebijakan mereka soal take down konten di platformnya.

“Poinnya adalah kepada lebih pemenuhan compliance, khususnya terkait dengan take down. Kita mengharapkan Netflix bisa lebih memberdayakan atau menggunakan berbagai konten yang diproduksi secara lokal di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga:  KPK Periksa Dua Saksi Untuk Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah

Ririek ini pun menegaskan bahwa ada kemungkinan dibukanya Netflix dan bisa tersedia di berbagai layanan milik Telkom Group.

“Masih terus berjalan, kita harapkan dalam waktu tidak terlalu lama, itu bisa kita lakukan, sehingga pembukaan akses Netflix bisa dilakukan,” pungkasnya.

Anak perusahaan Telkom, Telkomsel, tidak ketinggalan angkat bicara, bahkan lebih terbuka. “(Netflix bisa diakses Telkomsel) Itu tidak lama lagi. Kira-kira seperti itu,” kata Head of Home LTE Telkomsel Arief Pradetya pada awal Juli.

Pernyataan itu datang dari Telkomsel, yang baru-baru ini memperkenalkan Telkomsel Orbit, produk layanan Internet berbasis WiFi yang mengandalkan jaringan 4G LTE. Apakah mungkin bagi Telkomsel Orbit untuk mengakses Netflix?

“Saya haya bisa bilang dalam waktu dekat Netflix akan bisa. Mengenai kapannya? Nanti pasti akan ada pengumuman secara terpisah,” ujar dia.

Tags: , , , ,