Bonbin On The Mall, Gebrakan Baru Pariwisata di Tengah Pandemi

Kebun binatang atau disingkat bonbin, normalnya berada di area outdoor atau di luar ruangan. Seperti kebun binatang Taman Jurug di Solo, Gembiraloka di Yogyakarta dan Kebun Binatang Ragunan di Jakarta. Kebun binatang sendiri sudah menjadi salah satu tujuan wisata edukasi favorit bagi masyarakat hingga sekarang. Karena dengan berwisata ke kebun binatang, masyarakat tidak hanya bersenang-senang tapi juga bisa belajar

Namun terpikirkah bahwa ada kebun binatang di dalam mal? Nah ini adalah konsep wisata baru di masa pandemi saat ini.

Hartono Lifestyle Mall Solo Baru (Disingkat : Hartono Mall Solo Baru) kembali membuat gebrakan dengan menghadirkan kebun binatang di mal atau disebut dengan Bonbin On The Mall.

Dibuka sejak 11 hingga 27 September mendatang, para pengunjung mal bisa sekaligus melihat satwa-satwa unik, seperti ular, monyet, kelinci, hingga kucing hutan.

Ditemui oleh Soloraya.id, ticket counter dari wahana Bonbin On The Mall, Aliya Ratunita mengatakan bahwa biasanya bonbin versi mini ini diadakan di sekolah-sekolah dan balai desa, namun karena ada wabah Covid-19, mereka jadi vakum selama 6 bulan karena sekolah-sekolah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan balai desa menerapkan pembatasan ketat

“Sebelumnya kan diadakan di balai desa, TK dan SD, tapi karena covid-19 ini, kita jadi vakum selama 6 bulan karena sekolah tutup dan balai desa juga mengurangi kerumunan, trus akhirnya kita larinya ya ke mal karena masih ada pengunjung dan perijinannya tidak perlu sampai ke kepolisian, cukup lewat manajemen saja” jelas Aliya, Kamis (24/09/2020)

Baca Juga:  Pendaftaran BPUM di Kabupaten Karanganyar Diperpanjang Sampai Besok

Aliya juga menjelaskan bahwa binatang yang dipamerkan lebih dominan ke kelinci karena untuk anak-anak bermain, selain itu memang tujuannya memberikan wahana baru bagi anak-anak yang berkunjung di Hartono Mall Solo Baru.

Selain itu, wahana ini juga bekerjasama demgan acara CRV-V Lovers Solo Raya dengan menggelar seminar edukasi satwa bagi keluarga yang sebelumnya sudah digelar pada tanggal 19-20 September dan akan digelar kembali pada 26-27 September.

Aliya menambahkan bahwa dalam seminar nanti, anak-anak akan dikumpulkan namun tetap dengan pembatasan, kemudian akan diberi sesi pelajaran satwa seperti yang mereka dapatkan di sekolah.

Tiket masuk dihitung per anak (orang tua/dewasa yang mengantar gratis), yaitu Rp. 15 ribu untuk weekdays dan Rp. 20 ribu untuk weekend. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung sudah bisa berswafoto dan memberi makan hewan.

Batas usia anak dari umur 2 tahun. Acara ini juga didukung oleh Komunitas Pecinta Anjing Solo Raya yang hadir meramaikan setiap hari Minggu.

Baca Juga:  Kejiwaan Pembunuh Yulia Dipastikan Waras

Dihubungi oleh Soloraya.id, Marketing Communication Hartono Lifestyle Mall, Efizia Carina, menjelaskan bahwa pengunjung di weekdays bisa dikatakan kurang, namun saat weekend tiba, pengunjung lumayan tinggi apalagi ikut diramaikan oleh komunitas pecinta anjing Solo Raya.

“Banyak anak-anak yang suka hewan, masuk untuk sekedar bermain atau memberi makan hewan-hewan tersebut” jelas wanita yang akrab disapa Fia kepada Soloraya.id melalui pesan instan WhatsApp

Fia juga menambahkan bahwa dengan dihadirkannya Bonbin On The Mall ini bertujuan untuk meningkatkan minat pengunjung ke mal. Selain itu juga menghadirkan sesuatu yang unik karena untuk pertama kalinya ada mal di area Solo Raya menggelar event yang berhubungan dengan hewan. Apalagi untuk area Solo Baru yang merupakan bagian dari Kabupaten Sukoharjo, tidak ada pemberlakuan perintah batasan usia bagi pengunjung yang ingin datang ke mal di masa pandemi ini namun tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu, menerapkan aturan wajib memakai masker saat berada di dalam mal, menyediakan hand sanitizer hingga pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas mal

Dalam wahana ini juga disediakan outlet-outlet jajanan, seperti Kerak Telor Jakarta, Jus Baby Orange Peras, dan Tempe Goreng Banyumas

Tags: , , ,