BPBD Sebut Puting Beliung di WGM Hampir Terjadi Tiap Tahun

BPBD Sebut Puting Beliung di WGM Hampir Terjadi Tiap Tahun

Seperti yang ramai diberitakan, warga Wonogiri terutama di sekitar Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kota heboh dengan fenomena angin puting beliung yang muncul dari tengah waduk pada hari Rabu (20/1/2021) kemarin.

Warga pun mengabadikan fenomena langka itu dalam video yang kemudian tersebar di dunia maya.

Terkait hal itu, Bambang Haryanto selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri menyampaikan, bahwa fenomena puting beliung tersebut hampir terjadi setiap tahunnya di tengah Waduk Gajah Mungkur.

BPBD pun sudah berkoordinasi dengan relawan Desa Sendang, yang merupakan desa tanggap bencana (destana) utama.

Bambang menyebut durasi angin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur berlangsung cukup lama, yakni sekitar 10-15 menit.

Baca Juga:  Polisi Periksa Pengendara Motor yang Terobos Penjagaan Paspampres

Pihaknya juga menjelaskan bahwa tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan dari kejadian tersebut.

Bambang menuturkan, “Sebelum sampai ke pemukiman, (angin berbelok) ke arah selatan”.

“Jadi tidak berdampak”, ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengaku tidak mendapat laporan kerusakan apapun akibat peristiwa puting beliung itu. Mengingat terjadi di atas perairan waduk. Hanya saja sempat membuat khawatir warga dan nelayan sekitar.

“Kondisi saat ini kawasan waduk hujan deras. Untuk fenomena angin puting beliung itu memang sering muncul setiap tahun, di atas waduk munculnya”, katanya lagi.

Sementara itu, meskipun tampak seperti puting beliung dan memiliki mekanisme yang sama, rupanya nama yang benar untuk fenomena itu adalah waterspout.

Pada hari yang sama, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Suharto mengatakan, “Kalau di darat namanya puting beliung, kalau di atas air (danau) atau di selat/laut namanya waterspout“.

Tags: , ,