BRI Akan Berikan Subsidi Bunga Kepada 2 Juta Pelaku UMKM

BRI Akan Berikan Subsidi Bunga Kepada 2 Juta Pelaku UMKM

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) secara intensif berkoordinasi dengan kementerian terkait percepatan distribusi insentif subsidi bunga tambahan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Melalui Peraturan Menteri Keuangan No. 85 / PMK.05 / 2020, pemerintah telah menyiapkan program subsidi bunga dan pengurangan pembayaran pokok pinjaman kepada UMKM untuk bertahan dalam masa pandemi ini.

Sebelumnya, BRI sudah mendistribusikan subsidi bunga tambahan dalam II (dua) tahap. Tahap pertama, BRI mendistribusikan stimulus subsidi untuk bunga KUR sebesar Rp 12,97 miliar kepada 211 ribu UMKM dan, baru-baru ini, pada Selasa (14/07), BRI mendistribusikan stimulus subsidi bunga non-KUR sebesar Rp 10,7 miliar kepada 47 pelaku UMKM.

Baca Juga:  KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI, mengungkapkan bahwa konsolidasi data saat ini sedang berlangsung dan diperkirakan hingga 2 juta UMKM akan segera menerima tambahan subsidi suku bunga. “Hingga saat ini telah disiapkan sebanyak 1 juta nasabah non Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan 1 juta nasabah KUR untuk diusulkan mendapat subsidi bunga pada bulan juli ini,” katanya.

Manfaat subsidi bunga ini mulai terasa oleh para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19. Setidaknya ini diakui oleh Trisnowati (54), nasabah KUR BRI yang telah menerima restrukturisasi pembiayaan dan saat ini menerima subsidi bunga pemerintah. Trisnowati adalah seorang pelaku usaha yang menjual peralatan dapur di daerah Cililitan Jakarta.

Baca Juga:  Gubernur Jawa Tengah Umumkan UMK 2021 di 35 Kabupaten/Kota, Berikut Daftarnya

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah membantu memberikan bantuan subsidi bunga KUR melalui Bank BRI, sehingga saya bisa melanjutkan usaha saya untuk kelanjutan hidup keluarga,” ujar Trisnowati ketika dihubungi Senin (6/7).

“BRI berkomitmen untuk mempercepat distribusi subsidi bunga sebagai upaya untuk melindungi dan membangkitkan kemampuan ekonomi pelaku UMKM di Indonesia,” pungkas Supari.

Tags: , , ,