Car Free Day Solo Bakal Dibuka Lagi

Car Free Day Solo Bakal Dibuka Lagi

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal kembali memperlonggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro. Salah satunya adalah dengan membuka kembali car free day (CFD) yang sudah libur selama setahun.

Tetapi, CFD yang digelar setiap Minggu pagi ini nantinya hanya digunakan untuk kegiatan olahraga.

Ahyani selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Solo menyampaikan bahwa pedagang belum diperbolehkan berjualan di area CFD.

Pada hari Senin (22/3/2021) kemarin, Ahyani menuturkan, “Kita persiapan CFD namun hanya persiapan untuk olahraga. Tidak untuk kuliner dan tidak ada aktivitas untuk jual beli”.

Selain itu, pihaknya juga menyebut bahwa saat ini pemkot masih dalam tahap persiapan dan sosialisasi. Diperkirakan CFD bisa kembali diberlakukan dua pekan ke depan.

“Ya mudah-mudahan dua minggu yang akan datang, sebelum puasa mudah-mudahan sudah bisa dilaksanakan. Kan perlu sosialisasi dulu,” ujarnya.

Rencananya, CFD tersebut digelar dari Gladag sampai Purwosari seperti biasanya.

Untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga, pemkot akan melakukan pengawasan.

“Pengawasan pasti ada, dari Satpol PP dan Dishub nanti tetap berjaga di CFD,” tegas Ahyani.

Ahyani menyampaikan bahwa pihaknya masih akan membatasi masyarakat yang ingin masuk ke arena CFD. Menurutnya, mereka tidak akan memperkenankan ibu hamil, lansia dan balita untuk beraktivitas di kawasan CFD yang digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Ia menambahkan, terkait persiapan menjelang bulan Ramadhan, Pemkot memperbolehkan kegiatan ibadah tetapi tetap dengan protokol kesehatan.

“(Aturan) Ibadah sama, kita harapkan dari Kemenag menyiapkan SOP. Jadi masing-masing penyelenggara ada SOP-nya,” tutur Ahyani.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Hari Prihatno mengatakan CFD rencananya mulai dibuka awal Bulan April. Lokasi CFD juga masih sama seperti sebelumnya, di sepanjang jalan Slamet Riyadi mulai dari Bundaran Gladak hingga Purwosari.

Tags: , ,