Catat Baik-baik Harta Kekayaan Calon Walikota Solo 2020, Siapa yang Lebih Kaya?

KEKAYAAN GIBRAN DAN BAGYO (Copy)

Pasangan calon walikota yang maju dalam bursa paslon walikota Solo akhirnya menunjukkan harta kekayaan yang mereka miliki yang mencapai puluhan miliar.

Pertarungan perebutan kursi calon walikota Solo tahun 2020 yang diikuti hanya dua paslon membuat masyarakat harus waspada dalam menentukan pilihan salah satu dengan menyimak harta kekayaan yang paslon miliki sebelum pemilihan.

Hasil verifikasi yang masuk ke dalam data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHPKN) yang bersumber dari KPK diketahui bahwa Putra Sulung Presiden Joko Widodo tembus mencapai Rp 21 miliar lebih, di mana usia yang terbilang muda saat ini.

Rincian kekayaan dari suami Selvi Ananda itu terdiri atas, harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan 13 Miliar, yang berlokasi di Solo 500 meter/300 meter persegi; tanah dan bangunan 112 meter/112 meter persegi masih di daerah Solo, lalu bangunan seluas 2.000 meter/2.000 meter persegi di Sragen. Masih Berlokasi di Sragen, tanah dan bangunan seluas 2.000 meter/2.000 meter persegi.

Baca Juga:  Ekspedisi Gunung Chimborazo Malimpa UMS

Adapun harta bergerak seperti mobil dan kendaraan lain total Rp 960 juta, kas mencapai 2 miliar, harta lainnya Rp 5 Miliar. Namun meskipun memiliki kekayaan mencapai Rp 21 Miliar, pengusaha martabak tersebut juga melaporkan hutangnya mencapai Rp 800 juta lebih.

Pertarungan memperebutkan kedudukan calon kepala daerah mewajibkan paslon untuk melaporkan harta kekayaan masing-masing sebagaimana diatur dalam undang-undang. Lalu bagaimana rival Gibran sang penantang yang maju dari jalur independen Bagyo Wahyono. Berapa kekayaannya? Apakah melebihi anak mantan Gubernur DKI Jakarta?

Data yang sudah dilansir oleh LHKPN bahwa harta kekayaan Wahyono tidak lebih dari Rp 2 Miliar, yang mana bisa dibilang terpaut jauh dari Gibran selisih puluhan miliar.

Baca Juga:  Nikmati Acara Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo 1-2 Oktober 2022

Adapun rincian kekayaan Bagyo Wahyono terdiri atas harga tidak bergerak seperti tanah dengan luas 215 meter persegi yang ditaksir mencapai Rp 1,7 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak seperti kendaraan yaitu mencapai Rp 170 juta. Wahyono merupakan seorang tukang jahit, yang karyanya telah dipakai berbagai kalangan mulai dari politisi hingga para seniman tanah, di antaranya alm. Didi Kempot dan juga Paku Buwono XIII Keraton Solo.

Tags: , , ,