Cegah Covid-19, Guru, Staff dan Siswa Sekolah Jalani Rapid Test Sebelum dan Sesudah PTM

Rapid test deteksi Covid-19 kepada guru SMP akan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran tatap muka (PTM). Sementara itu, PTM akan dilaksanakan bergantian setiap dua pekan sekali untuk masing-masing kelas.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dwi Ariyatno mengatakan, dimulai pada awal dan akhir PTM dilakukan untuk memantau kesehatan peserta.

“Berdasarkan rekomendasi tim teknis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, rapid test dilaksanakan pra dan pasca PTM sehingga bisa dievaluasi proses PTM aman dengan indikator hasil rapid test tersebut sebelum dan sesudah PTM dilaksanakan,” ujarnya, Kamis (22/10/2020).

Ia menambahkan, rapid test akan dilaksanakan kepada guru, pegawai tata usaha (TU), dan siswa yang akan menjalani PTM. Artinya, guru, pegawai tata usaha (TU), dan siswa lainnya yang pekan tersebut tidak menjalani PTM tidak di-rapid test.

Sementara itu, PTM di Solo yang akan dilaksanakan di SMPN 4, SMP AL Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1 tersebut akan dilaksanakan bergantian setiap dua pekan sekali untuk masing-masing kelas. Selebihnya siswa menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online dalam jaringan (daring).

Baca Juga:  Tren Tanaman Hias Jadi Ide Tema Perayaan Festival Akhir Tahun

Sebelumnya, rencananya PTM dilakukan bergantian sepekan sekali pada masing-masing kelas. Artinya, separuh siswa menjalani PTM selama sepekan, sepekan berikutnya PJJ, dan seterusnya. Namun rencana tersebut berubah. Nantinya separuh siswa menjalani PTM selama dua pekan berturut-turut, dua pekan berikutnya PJJ, dan seterusnya.

“Ada perubahan jadwal pembelajaran. Rekomendasi tim teknis Satgas Penanganan Covid-19 setiap kelas dilaksanakan pembelajaran dua pekan PTM, selanjutnya dua pekan daring,” ujarnya, Kamis (2/10/2020).

Sebagaimana diketahui, PTM SMP di Solo rencananya dimulai 2 Januari 2020. Sebelum dimulai, akan dilakukan simulasi PTM.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (dikdasmen) SMP Pada Disdik, Abdul Haris Alamsah mengatakan, simulasi PTM SMP di Solo akan dilaksanakan mulai 4 November. “Rencananya simulasinya tangga 4 November. Sebelum itu, mungkin tanggal 2 November guru menjalani rapid test,” ujarnya.

Tags: , ,