Cegah Penularan Covid-19 di Tengah Ancaman Erupsi, Tempat Pengungsian Terapkan Prokes Ketat

Pemerintah desa di Boyolali yang masuk di wilayah kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di lokasi pengungsian.

Dikarenakan ancaman erupsi Gunung Merapi ini bersamaan dengan masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sehingga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kebutuhan mutlak untuk mencegah penularan virus SARS CoV-2 ini.

Warga yang mengungsi tetap diwajibkan mengenakan masker, menjaga jarak dan sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kepala Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Marwoto, mengatakan lokasi pengungsian sementara telah dia siapkan, tepatnya di aula Balai Desa setempat.

Penyiapan lokasi pengungsian ini tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan dimana lokasi tempat istirahat dilengkapi dengan sekat dari triplek untuk menerapkan jaga jarak yang menjadi salah satu protokol kesehatan.

Baca Juga:  Haul Habib Ali Ditiadakan, Kapolresta Solo Sebut Bukan Soal Perizinan

Satu petak berukuran 2 meter x 3 meter maksimal untuk empat orang dalam satu keluarga. Pada pintu masuk aula juga disediakan tempat mencuci tangan dengan sabun dan air menggalir.

“Warga juga akan kami beri masker. Sedangkan pengunjung dari luar juga harus steril dulu.” Jelasnya

Camat Selo, Joko Prihanto, mengatakan kesiapan lokasi pengungsian warga lereng Gunung Merapi wajib tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan begitu ia berharap selain aman dari musibah gunung berapi, tinggal dalam lokasi pengungsian juga aman dari sisi kesehatan terutama penularan Covid-19.

Selain Desa Klakah, tempat pengungsian warga lereng Merapi Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, juga menggunakan model sekat. Lokasi itu saat ini menampung 133 warga yang mengungsi.

Baca Juga:  Paslon Bajo Siap Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19

Sejak status aktivitas Gunung Merapi meningkat menjadi siaga (level III) pada Kamis (5/11/2020), warga lereng Gunung Merapi, terutama dari kawasan rawan bencana (KRB) III wajib waspada.

Tags: , ,